UNLEARN PROJECT: Melihat Dari Kacamata Anak

Dewasa dan kebijaksanaan sejatinya tidak dapat diukur dari segi usia. Kita yang dewasa secara usia, justru seringkali belum paham betul apa makna “dewasa”. Padahal, banyak kebijaksanaan yang sebenarnya sudah kita miliki ketika kita menjadi seorang anak, namun akhirnya hilang dengan berjalannya waktu. Pertanyaannya: bagaimana kita bisa kembali mengeksplorasi apa makna sebenarnya “dewasa” dan “bijak” justru dari sudut pandang anak.

Project ini adalah sebuah eksplorasi melalui audio visual sederhana dengan konsep wawancara melalui pertanyaan-pertanyaan sederhana yang diajukan pada anak-anak tentang beberapa isu berkaitan dengan pemaknaan “dewasa” dan “kebijaksanan”. Target usia subyek adalah anak-anak usia 4-12 tahun yang berasal dari beragam latar belakang sosial-ekonomi-pendidikan keluarga si anak.

“In the eyes of a child, you will see the world as it should be.” – unknown.

Dunia tidak seharusnya penuh dengan keburukan kemanusiaan. Seringkali kita mesti diingatkan sebelum dan bahkan tidak seharusnya kita menghakimi dan menghujat satu sama lain. Melalui project ini, kita kembali diingatkan untuk belajar, untuk “unlearn”, lewat anak-anak.

Hasil akhir project yang berupa audio visual ini akan disebarkan melalui channel “UNLEARN” di Youtube.

flower of life

website: www.theunlearn.com
facebook: facebook.com/theunlearnid
twitter: @theunlearn
#childwisdom