Orang-orang yang beautiful, apakah kamu salah satunya?

No Comment

Orang-orang tercantik yang kita ketahui adalah mereka yang telah mengenal kekalahan, penderitaan, perjuangan, kerugian dan telah menemukan jalan keluar dari kedalaman ini. Orang-orang ini memiliki apresiasi, sensitivitas dan pemahaman tentang hidup yang memenuhi dirinya dengan rasa iba, kelembutan, kasih yang dalam terhadap orang lain. Orang-orang cantik ini tidak hanya terjadi. – Elisabeth Kubler-Ross

Who is the most beautiful person you’ve ever met?

Salah satu teman saya memiliki rambut panjang tebal dan keriting. Cantik sekali. Matanya juga besar, bibirnya penuh yang setiap kali melihat wajahnya, dua hal itu yang membuat kita yang melihatnya terpesona. Tetapi, bukan itu yang membuat dia beautiful. Yang membuat dia beautiful adalah cara dia memberikan perhatiannya seear 100% setiap kali kita sedang ngobrol. Matanya benar-benar menangkap mata saya, seperti dia tidak hanya mendengarkan kata-kata yang saya ucapkan tetapi juga mencoba menangkap sebagian dari jiwa yang tak terucapkan. Ia benar-benar memperhatikan dengan penuh kekaguman sepertiĀ  saya adalah orang terpenting di dunia ini. Di era dimana semakin banyak distraction, Ia bisa memberikan saya hadiah terbaik. Presence. Kehadiran.

orang orang yang tercantikTeman saya satu lagi adalah seorang istri, ibu dan pengusaha. Kalau kamu bertemu dengan dia, kamu tidak akan pernah menyangka kalau dia memiliki banyak sekali tantangan dalam hidupnya. Dari memiliki anak yang autis, orang tua yang menghadapi kanker, satu lagi sudah meninggal karena kanker, bekerja keras demi anak dengan hidup yang cukup pas-pasan. Tetapi, dia tidak pernah mengeluh. Dia selalu menceritakan penemuan-penemuan barunya, plan barunya, bagaimana Ia bisa menjadi ibu yang lebih baik untuk anaknya, kemajuan anaknya. She is very excited about life. Tidak hanya itu, dia pun banyak mengirimkan link-link keren untuk theUnlearn juga. Saya gak tahu cara Ia menangani semuanya seperti apa. Bagaimana Ia bisa sangat kuat dan berani.

Suatu hari saya berkenalan seorang wanita yang saya tidak ingat namanya. Gayanya keren. Sederhana dan artistik. Saya ingat memuji selendang batiknya karena desainnya sederhana dan unik. Pas saat itu juga, dia langsung melepaskan selendangnya dan memberikannya ke saya, “Ini buat kamu, kalau kamu gak keberatan sudah saya pakai. Ini pasti cantik banget di kamu.” Orang-orang yang bisa memberi tanpa pamrih, tanpa berfikir dua kali masih terus membuat saya tercengang. Kagum. Beautiful. Padahal Ia pun tidak kenal dengan saya.

Ada kombinasi ibu dan anak yang saya kenal. Mereka lucu sekali. Selalu bercanda, membuat muka-muka gak penting, gak takut kelihatan jelek, gak takut mengatakan apa yang mereka pikirkan atau rasakan, gak mencoba menjadi orang lain. Amazing. Seperti mereka tidak memiliki kekhawatiran atas apa yang orang lain katakan tentang mereka. Nyaman itu beautiful.

Bagi saya, ada cantik (good-looking) dan ada beautiful (inspiring). Orang-orang yang beautiful akhirnya menginspirasi semua yang bertemu dengannya.

Kalau cantik itu dilihat dengan mata, beauty itu terasa oleh hati. Bertemu dengan hal-hal atau orang-orang yang beautiful membuat kita merasakan detak jantung kita sendiri. Membuat kita merasa hidup.

Memang kagum melihat seorang wanita yang jam 5 pagi di airport rambutnya sudah di style, make up lengkap dengan bulu mata palsu, tas branded, tetapi tanpa senyum. Tetapi, akhirnya sangat terinspirasi melihat wanita yang lain menggunakan pakaian yang sederhana dan rapih tetapi menggunakan senyum yang membuat saya tersenyum hanya melihatnya — padahal dia tidak mencoba membuat saya tersenyum.

Memang definisi Beauty berbeda-beda untuk setiap orang. Bagi saya… ini yang saya perhatikan.

Beauty is not about how good you look, but how good you can make another person feel.
> Beauty bukan tentang seberapa kita terlihat keren, tetapi sejauh mana kita bisa membuat orang lain merasa keren juga.

Beauty is not something you acquire, but it is something that exudes from you when you do an act of compassion.
> Beauty bukan sesuatu yang kita dapatkan, tetapi beauty adalah sesuatu yang keluar dari diri kita setiap kali kita melakukan tindakan kebaikan/ketulusan.

Beauty is not made, or made-up. Beauty chooses authenticity.
> Beauty tidak bisa dibuat, atau dibuat-buat. Beauty adalah memilih untuk otentik.

Beauty is not about being perfect. Beauty is about embracing our own imperfections and seeing them as our gifts.
> Beauty bukan tentang menjadi perfect. Beauty adalah tentang memeluk hal-hal yang kita anggap tidak perfect dan menjadikan mereka itu hadiah.

Beauty doesn’t hide fear or pretend to be brave. But beauty comes from love and understanding.
> Beauty itu tidak melakukan sesuatu karena takut dan pura-pura berani. Beauty itu melakukan sesuatu karena cinta dan pemahaman.

Beauty is continuing to move forward despite the fear. Beauty is fighting for what you believe, instead of accepting a bad situation.
> Beauty itu terus bergerak maju walaupun merasa takut. Beauty itu terus malakukan apa yang kita percaya dan tidak hanya sekedar menerima keadaan dan meratapi nasib.

Beauty is not about hiding our imperfections, but being comfortable with out vulnerability that it translates into courage.
> Beauty bukan tentang menutupi kekurangan, tetapi menjadi nyaman dengan kekurangan dan menjadikannya keberanian.

Beauty doesn’t try to be beautiful, but it sees all the beauty in other people and surroundings.
> Beauty itu tidak mencoba untuk menjadi beautiful, tetapi kemampuan untuk melihat keindahan di orang lain dan lingkungan.

Real beauty is not seeking attention. It gives attention.
>Real beauty tidak mencari perhatian, tetapi malah memberikan perhatian.

Apa definisi kamu tentang beauty? Siapa orang-orang yang kamu anggap beautiful? Dan mengapa?

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *