Menemukan Passion Exercise

2 Comments

Your work is to discover your work and then with all your heart to give yourself to it.
– Buddha

Sering sekali mendapatkan pertanyaan: “Bagaimana gue bisa tahu passion gue ya?” Gue suka A, B, C tetapi dari mana gue tahu itu passion gue?

Great question! Karena at least kamu mulai mempertanyakannya. Dan memang bagi gue pun, pertanyaan ini tidak mudah menjawabnya, karena jawabannya juga tidak sesederhana “fotografi” atau “bola”. Terkadang, passion itu bisa “ngulik” atau “adventure”. Menemukan passion menjadi sebuah perjalanan seperti menemukan teman sejati – orang-orang yang membuat kita merasa hidup. Ada yang sudah menemukannya ketika kecil, ada juga yang baru dewasa. Intinya, kalau kamu tidak banyak bertemu orang, bagaimana bisa menemukan teman sejati? Kalau kamu tidak banyak mencoba hal-hal yang berbeda, akan lebih sulit juga menemukan passion.

Terkadang, bagi gue, menemukan passion itu seperti menemukan jodoh. #ehm

  1. Ada yang langsung tahu dari awal, ada juga yang butuh ganti-ganti pasangan dulu sampai tahu passionnya.
  2. Terkadang kita baru pindah pasangan, barulah kita sadar itu adalah ‘passion’ kita.
  3. Setelah berganti-ganti pasangan, kita semakin tahu apa yang kita sukai dan tidak sukai.
  4. Semakin kita mengenal pasangan tersebut, kita bisa semakin passionate — atau kebalikannya. Kalau semakin passionnate, itu lah passionmu.
  5. Begitu cinta, gak bisa brenti mikiran hal tersebut.
  6. Kalo pas ga ada pasangan, hidup terasa seperti ‘missing something’.
  7. Banyak juga yang tersebak dengan pasangan yang bukan passionnya, tetapi karena terpaksa atau kebutuhan.
  8. Kalau sudah dengan pasangan, seperti lupa waktu.

But yes, di sini kita ngomongin passion, bukan pasangan. Tetapi lumayan 11-12.

Nah, kembali ke topik. Jadi, menemukannya bagaimana?

Ada 1 exercise yang saya pernah temukan beberapa waktu yang lalu yang saya gunakan dengan beberapa teman saya — beneran kita brunch bareng dan mengisi ini bareng-bareng. Dan dari semua latihan menemukan passion, ini yang paling bermanfaat bagi saya. Karena sampai sekarang pun, kalau saya ingin mendapatkan konfirmasi tentang apa yang saya lakukan sekarang, saya masih bisa mengisinya.

Ini dia latihannya.

1. Langkah pertama adalah mencari tahu bagaimana kamu mau menjalani hidupmu. Aktivitas apa yang bisa membuatmu bahagia? Aktivitas apa yang kamu cintai lebih dari apapun? Nah latihan di bawah ini bisa membantumu menemukannya. Atau kamu bisa download di sini untuk exercisenya.

2. Gunakan gambar/worksheet ini untuk melakukan brainstorming dan membuat daftar hal-hal yang menarik minatmu.

Pada setiap hexagon (segi enam) di dalam worksheet, lengkapi kalimat-kalimatnya dengan satu aktivitas pilihanmu. Usahakan agar masing-masing hexagon berisi aktivitas yang berbeda. Kamu mungkin akan mendapati jawabanmu menjadi sangat bervariasi dan tampak tidak saling berhubungan. Tetapi ini tidak apa. Jawablah secara apa adanya dan jangan batasi responmu dengan memberikan jawaban yang kamu pikir ideal. Lakukan latihan ini dengan sejujur mungkin agar kamu bisa betul-betul menemukan apa yang menjadi passionmu selama ini. Ingat ya… kata kuncinya AKTIVITAS. Jadi kalau kamu jawab ‘menang perlombaan’ atau ‘coklat’, itu bukan aktivitas.

find your passion

Sudah membuat daftarnya? Bagus. Sekarang yuk kita kupas satu-persatu.

3. Coba tanya pada dirimu sendiri, kalau harus memilih antara aktivitas pertama dan kedua, “mana yang lebih menarik untuk saya?” Kalau kamu masih merasa bingung, coba tutup mata dan bayangkan aktivitas pertama memegang peran besar dalam hidupmu, sementara aktivitas kedua sama sekali diabaikan. Selanjutnya kita balik. Sekarang bayangkan aktivitas kedua yang memegang peran besar dalam hidupmu, sementara aktivitas pertama sama sekali diabaikan. Bayangan mana yang membuatmu merasa lebih baik? Setelah mendapat jawabannya, tandai pilihanmu dengan jari dan lanjutkan membuat perbandingan dengan aktivitas yang ketiga. Dan begitu seterusnya.

Lakukan latihan ini terus hingga penuh satu putaran, bandingkan aktivitas pilihanmu dengan aktivitas berikutnya dan pindahkan jarimu ke setiap aktivitas yang menjadi pemenangnya. Saat kamu sudah menyelesaikan satu putaran, kamu akan menemukan passionmu yang pertama.

Tulis aktivitas tersebut di bagian atas daftar passion, dan beri tanda X di diagram yang berisikan aktivitas yang sudah terpilih ini.

4.  Ulangi langkah ini hingga 4x lagi (selalu mulai dari paling atas), dan lewati setiap aktivitas yang sudah kamu beri tanda X.

Setelah selesai, kamu akan menemukan 5 passion-mu yang utama.

————

Share with us, apa passionmu? Kalau ada pertanyaan tulis di bagian comment di bawah ya, nanti kita bantu prosesnya 🙂

 

Source: oprah.com

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

2 Comments

  1. Muti -  March 29, 2014 - 11:43 pm

    Komentar aaaah… :)) *efek excited abis #kopdartheunlearn tafi pagi*

    Setuju banget bahwa menemukan passion itu gak cuma masalah minat / hobi / kesukaan. Kadang jadinya kita suka terjebak untuk milih hal2 yang kayaknya “nyenengin” dan “mudah” buat kita.

    Pengalaman gue sendiri, baru nyadar, “menerima” (awalnya kaget2 dan ragu apa emang bener) dan akhirnya berani pelan2 disiplin mengarahkan diri untuk fokus pada passion setelah….11 tahun kerja. *nunduk*

    Anehnya, gw gak merasa gw telat nyadar baru sekarang. Entah kenapa. Hehehe

    Nambahin 1 ide yang bisa ngebantu menyadari passion kita apa: dari pengalaman gw, terus2an mempertanyakan apa yang paling penting buat kita. Salah satunya dengan nanya ke diri sendiri: kalau udah mati mau meninggalkan jejak apa.(sumpah…serem banget pertanyaannya dan susah banget inih jawabnyah!

    • Aristiwidya -  March 30, 2014 - 8:35 am

      Ah Mutiiii, thank you atas sharingnya. Dan bener banget, teringat 8 tahun yang lalu di training 7 habits ditanyakan pertanyaan “Nanti kalau sudah mati mau meninggalkan jejak apa” memang bikin mikir sih. Dan kebawa sampai sekarang. #kesyel tapi seneng. Walau tetep masih belum tahu jawabnya mesti gimana, tetapi at least we’re slowly discovering the answer ya….

      Eh btw, emang passionnya apa siiiih???? #kepo 🙂

      http://www.theunlearn.com

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *