Menemukan Kebahagiaan Dalam 5 Menit. Mungkinkah?

No Comment

 

Saran umum yang sering kita dengar tentang cara mendapatkan kebahagiaan adalah dengan mengubah sikap atau kebiasaan kita. Ini benar, namun kadang-kadang di situasi tertentu kita memerlukan cara yang mudah dan cepat untuk segera mengangkat mental kita dari kegalauan.

Kabar baiknya adalah ada metode-metode sederhana yang dapat dengan instan mengangkat mental dengan cepat.

love-yourself-firstDibawah ini adalah daftar metode bagaimana kamu dapat menemukan kebahagiaan hanya dalam waktu 5 menit, berikut penjelasan bagaimana masing-masing metode tersebut bekerja.

Sedikit tips sebelum membaca lebih jauh: Jika kamu hanya sekedar membaca dan kemudian mengangguk-ngangguk tanda setuju, ya kamu gak akan mendapatkan pengalaman apa-apa. Coba langsung dipraktekkan deh dan rasakan langsung manfaatnya.

1. Gratitude Log – Tulis semua hal-hal yang kamu syukuri

”Rasa terima kasih adalah kunci menuju hidup bahagia, karena jika kita tidak berterima kasih, maka seberapa pun yang kita miliki, kita tidak akan bahagia – sebab kita selalu ingin sesuatu yang lain atau sesuatu yang lebih terus.”
– David Steindl Rast –

Ini favorit saya, dan sekarang sudah menjadi kebiasaan untuk menuliskannya di pagi hari ketika bangun dan di malam hari sebelum tidur. Memang cliche sepertinya, tapi sering kali kita hidup hanya sekedar melakukan aktivitas tetapi kurang mensyukuri apa yang terjadi. Dari hal yang paling simple seperti, bisa dapat cukup tidur, masih bisa bangun, bisa menikmati kopi enak, melihat anak (atau pacar) tersenyum, jalanan lancar ke kantor/sekolah, gak perlu jalan kaki, punya internet, sehat, dan terus.

Biasanya yang saya lakukan melihat 1 hari terakhir, adakah 10 kejadian yang menyenangkan yang terjadi yang patut saya syukuri?

Penelitian di Universit of Texas Health Center di Houston menemukan bahwa orang-orang yang memiliki ‘gratitude journal’ akhirnya berolahraga lebih teratur, keluhannya berkurang, merasa lebih baik dengan hidupnya… dan lebih dimungkinkan untuk adanya perkembangan yang positif atas pencapaian pribadi. Gue buktinya 😀

Latihan sederhana ini, walau hanya 5 menit benar-benar bisa mengubah hidup kamu. It changed my life.

Latihan:
– Ambil sebuah pena.
– Ambil secarik kertas.
– Rewind otak anda 24 jam terakhir sampai menulis saat ini.
– Tulislah 5 hal (atau sebanyak-banyaknya) yang anda syukuri dalam hidup kamu 24 jam terakhir.
– Lakukan 5 menit setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang permanen.

2. Maksimalkan panca indramu

“Kebahagiaan selalu terlihat kecil jika anda hanya memegangnya di tangan anda, tetapi jika anda melepaskannya, anda akan belajar betapa besar dan berharganya kebahagiaan tersebut.”
– Maxim Gorky –

Terkadang kita take things for granted – kurang menysukuri hal-hal yang kita rasakan setiap hari. Seperti bisa melihat, mendengar, berjalan, merasakan, dll. Begitu tubuh kita sakit, baru kita merasakan enaknya sehat. Biasa minum kopi, begitu maag baru merasakan gak enaknya. Biasa naik mobil begitu mogok bingung mau ngapain. Biasa mandi gak perlu mikir tiba-tiba air mati.

Nah, latihan berikut ini akan menciptakan suasana hati yang mirip dengan kejadian diatas.

Latihan :
– Pasang alarm untuk berbunyi dalam 5 menit.
– Tutup mata dengan seutas kain sampai kamu gak bisa melihat apapun.
– Lakukan aktivitas rutin anda sejauh yang anda mampu.
– Ketika alarm berbunyi, bukalah tutup mata anda.

3. Stretch – Regangkan otot-otot anda

”Bergerak adalah obat untuk membuat perubahan terhadap fisik, emosi dan mental seseorang.”
– Carol Welch –

Orang-orang yang berlatih yoga telah membuktikan bahwa mereka memiliki perasaan dan kondisi tubuh yang jauh lebih baik, sekalipun sesi yang mereka lakukan cukup singkat. Yoga memang bukan hobi kebanyakan orang dan dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk melakukannya. Walaupun seperti itu, kamu dapat menggantinya dengan gerakan-gerakan peregangan yang sederhana.

Latihan :
– Putarlah kepala anda dengan perlahan searah jarum jam, kemudian berlawanan arah jarum jam.
– Ayunkan tangan kiri dan kanan anda melingkar ke arah depan, setelah itu ke arah belakang.
– Putarlah pinggang anda. Lakukan searah jarum jam, setelah itu berlawanan arah jarum jam.
– Jongkoklah dengan posisi kaki kiri diluruskan ke samping. Lakukan hal yang sama dengan kaki kanan.

… atau bisa melakukan ini:

httpv://www.youtube.com/watch?v=UtSRc_qUxT0

4. Take deep breaths – Ambillah nafas yang dalam

”Tariklah nafas dan Tuhan akan mendekati anda. Tahanlah nafas dan Tuhan tetap bersama anda. Hembuskan nafas maka anda akan mendekat pada Tuhan. Tetaplah berhembus dan pasrah kepada Tuhan.”
– Krishnamacharya –

Apakah anda mempunyai nafas yang dalam atau dangkal? Kebanyakan orang mempunyai nafas yang dangkal. Untuk mengetahuinya cobalah lakukan test berikut ini :
Taruhlah telapak tangan anda di perut bagian bawah dan ambillah nafas yang panjang/dalam. Jika perut anda masuk ke dalam saat anda menarik nafas, maka anda tergolong mempunyai nafas yang dangkal. Jika sebaliknya perut anda terdorong keluar, maka anda mempunyai nafas yang dalam. Tidak masalah anda mempunyai nafas yang dalam atau dangkal, lakukan saja hal-hal dibawah ini.

Discovery Health menjelaskan bahwa nafas yang dalam meningkatkan oksigen dalam darah yang meningkatkan kesehatan dalam berbagai hal mulai dari proses pencernaan, fisik maupun mental. Nafas dalam juga mengaktivasi lymphatic system yang membuat tubuh detox dengan sendirinya. Karena lymphatic system sebenarnya dimaintain oleh gerakan otot, grativasi dan nafas 😉

Latihan:

– Tarik nafas selama 4 hitungan (detik).
– Tahan nafas selama 16 hitungan.
– Buang nafas secara perlahan selama 8 hitungan.
– Lakukan ini sebanyak 10 kali.

5. Rasakan detak jantungmu.

“Kebahagiaan bergetar dengan setiap denyut jantungku.”
– Emily Logan Decens –

Kamu mungkin sudah pernah mendengar nasihat: berbahagialah, sebab anda hidup! Kita semua tahu bahwa kita memang hidup, namun kita seringkali jarang MERASA hidup. Cara tercepat untuk menyadari bahwa anda hidup adalah dengan merasakan aliran darah melalui urat nadi. Sebenarnya ini seperti meditasi, menyadari nafas ataupun detak jantung.

Beberapa fakta tentang jantung dari Cleveland Clinic membuat kita lebih mengapresiasi artinya ‘hidup’. Contohnya, 20 detik kamu merasakan detak jantung, darahmu sudah selesai sirkulasi ke seluruh sistem vascularmu. Tahukah kamu kalau nadimu semua disambung itu lebih dari 60,000 mil panjangnya, bisa keliling dunia 2 kali.

Latihan :
– Taruhlah 2-3 jari anda di bagian dalam pergelangan tangan anda.
– Rasakan aliran darah yang mengalir pada setiap detak jantung.
– Hitunglah berapa jumlah detak jantung per menit jika diperlukan.
– Bayangkan betapa miraculousnya tubuh kamu ini.

6. Ingatlah kembali your happy memory

“I held a moment in my hand, brilliant as a star, fragile as a flower, a tiny sliver of one hour.”
– Hazel Lee

Penelitian menemukan bahwa ketika kamu berusaha untuk mengingat kembali kejadian-kejadian baik dalam hidupmu, maka kamupun akan merasakan kebahagiaan saat ini juga.

Seringkali kita hanya mengingat hal-hal yang negatif dan lebih sulit untuk mengingat hal-hal yang positif. Ini sebabnya kumpulkan semua memori yang indah-indah agar stiap kali kamu merasa ‘sedih’ kamu dengan mudah bisa mengakses memori tsb.

Bagaimana menemukan kebahagiaan dalam 5 menit :
– Tutup mata dan coba ingat-ingat kejadian-kejadian menyenangkan yang kamu alami.
– Rasakan benar-benar seperti kamu ada di saat itu. Apa yang kamu dengar, rasakan, kenakan?
– Bangkitkan kembali saat tersebut sedetail mungkin ketika anda berhasil mengingatnya.

7. Menikmati sunyi

”Kebahagiaan laksana kupu-kupu, dimana ketika anda berusaha meraihnya, ia akan semakin menjauh dari jangkauan anda. Namun, ketika anda duduk dengan tenang, ia akan menghampiri anda.”
– Nathaniel Hawthorne –

Kesunyian menawarkan harta karun tersembunyi. Walaupun seperti itu hanya sedikit orang dapat mengaksesnya. Banyak orang tidak memiliki akses tersebut bukan karena mereka tidak mengetahui caranya, tetapi lebih ke arah mereka tidak betul-betul menyediakan waktu untuk tetap dalam keheningan. Kesunyian mungkin sangat tidak nyaman pada saat pertama kali, karena anda sudah terbiasa dengan suara-suara disekeliling kita sepanjang waktu.

Kalau kamu sudah pernah mencoba meditasi dan mulai menikmatinya, di situlah dimana kita bisa benar-benar menikmati sunyi.

Survey di Amerika menunjukkan bahwa lebih dari 100 juta orang Amerika secara reguler terekspose ke suara yang lebih dari level normal (55 desibel). Penelitian ini menunjukkan bahwa suara latar belakang yang kronis ini bisa mengaktivasikan stress dan membuat kamu lelah dan mudah jengkel.

Latihan:
– Matikan TV dan alat-alat lainnya yang mengeluarkan suara.
– Pasang alarm untuk 5 menit.
– Duduk dan dengarkan suara keheningan.
– Rasakan kuping anda ketika mendengarkan suara kesunyian.

 

So… What do you think? Apa strategi kamu untuk menemukan kebahagiaan dalam 5 menit? Mungkinkah?

 

Inspirasi: joyfuldays.com

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *