Membandingkan diri dengan diri sendiri

1 Comment
Membandingkan diri dengan diri sendiri

Kita sering sekali mendengar tentang “Jangan suka membandingkan diri!” dan kita jadi cenderung menilai kalau membandingkan diri itu hal yang negatif, jahat, ataupun gak baik. Tapi kalau kita lihat dari kacamata yang lebih luas, membandingkan diri itu gak selalu negatif kok. Bukankah sekalu ada hal positif diantara negatif? hmm, Apakah kita pernah membandingkan diri kita dengan diri kita sendiri?

Well, kalau kita hanya membandingkan diri kita dengan orang lain memang akan cenderung banyak negatifnya, karena seringnya kita membandingkan kekurangan diri kita dengan kelebihan orang lain jadi membandingkan diri dengan orang lain hanya akan membuat kita gak happy. tapi kalau membandingkan kelebihan kita dengan kekurangan orang lain bisa membuat kita lebih bersyukur dan bisa juga membuat kita jadi besar kepala. Kali ini sih theUnlearn; mau ngomongin tentang membandingkan diri dengan diri sendiri. Pernah dengar seperti apa itu? dan apa yang bisa kita dapatkan kalau kita membandingkan diri dengan diri sendiri?

Melihat sejauh mana kamu sudah tumbuh dan berkembang.

Kalau kita membandingkan diri dengan diri sendiri, kita jadi bisa melihat sejauh mana kita sudah bisa tumbuh dan berkembang. Hal-hal apa yang sudah kita lakukan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan? hal-hal apa yang membuat kita terus tumbuh? dan bagaimana kita bisa lebih baik lagi dalam berkembang? Sadar gak sadar kita jarang banget mempertanyakan ini ke diri kita. Ya jujur aja, karena kita jarang membandingkan diri dengan diri kita sendiri.

Melihat tujuan hidup, semakin dekat atau semakin jauh.

Tanyakan ke diri kita, setelah mengetahui tujuan hidup dan mulai bergerak untuk mencapainya apakah sekarang sudah semakin dekat atau semakin menjauh? karna ketika kita telah mengetahui apa tujuan hidup kita dan mulai bergerak mendekatinya, disitulah kita benar-benar mulai merasa hidup.

Membuat lebih mudah bersyukur dan menghargai diri sendiri.

Kenapa bisa jadi lebih mudah bersyukur? Iya dong, kalau kamu melihat dirimu yang sebelum-sebelumnya, setidaknya pasti ada hal-hal yang sudah kamu raih ataupun berbagai rintangan-rintangan dalam hidup yang sudah berhasil kamu lewati. Dengan begitu sebenarnya secara gak sadar kita telah menghargai diri kita sendiri.

Berbaik hati dengan diri sendiri.

Ketika kita membandingkan diri dengan orang lain, ada satu hal yang perlu di ingat. Kita tidak akan pernah bisa menang kalau terus-menerus melakukan perbandingan. Kalau kamu sudah menyadari hal ini, sebenarnya sangat membantu. Karena apapun yang terjadi, akan selalu ada orang di dunia ini yang memiliki sesuatu yang lebih keren atau lebih jago dalam suatu hal dibanding dirimu. Jadi santai dan pede saja, kamu juga punya banyak hal positif yang bisa ditampilkan kok. Ini yang dimaksud berbaik hati dengan diri sendiri disini.

Akan merasa bahagia dengan dirimu sendiri tanpa perlu banyak berpikir tentang hal-hal yang dimiliki orang lain.

Jadi gak perlu tuh khawatir-khawatir tentang hal yang dimiliki orang lain dan kita gak memilikinya. Karna apa yang kita miliki pun benlum tentu orang lain memilikinya dan dengan begitu kita akan merasa happy dengan apa yang sudah kita miliki sekarang.

Membandingkan diri gak akan selalu jadi negatif kok, kita bisa membandingkan diri dengan diri sendiri dan mengambil banyak hal positif yang ada didalamnya. Jadi kalau kita mau membandingkan diri, coba deh membandingkan diri dengan diri sendiri dan selalu lihat banyak hal dari sisi positifnya! 🙂

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

1 Comment

  1. Calvin -  June 11, 2015 - 12:32 am

    Point yang ke 3 sampai ke 5 itu super sekali 😀
    kalo dipikir2 lagi dari masi kecil ampe sekarang besar ini, banyak banget yg bisa d syukurin dari hal2 yang gk bisa kita lakuin waktu itu ampe sekarang bisa kita gapai sekarang ini 😀

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *