Memaknai 2013 dan hari-harimu, bagaimana menganalisanya?

2 Comments
Memaknai 2013 dan hari-harimu, bagaimana menganalisanya?

“My greatest fear is, perhaps, not that my life is meaningless, but that change will come no more. I will have no more new beginnings, no more falling in love, no more new experiences that delight my soul. My greatest fear is that nothing will change, that the way things are, are the way they will always be.”

What delights your soul? Apa yang membuat jiwa Anda merasa hidup? Latihan untuk menuliskan hal-hal yang terjadi ataupun dilakukan dalam 12 bulan terakhir mengajak kita mengingat kembali tentang pertanyaan ini. Mudah untuk hidup tanpa merasa hidup. Moments-moments inilah yang bisa mengingatkan kembali atas ‘rasa’ tersebut.

The question:

Kalau kamu boleh menuliskan SEMUA momen yang berharga dari tahun lalu,
apakah momen-momen tersebut? Ada berapa totalnya?

[coba tuliskan saja dulu, boleh di kertas maupun di HP]

What do you discover and feel? Ketika saya melakukan latihan ini, ada 35 moments yang saya ingat (walau prosesnya harus buka facebook dulu untuk melihat kebelakang apa yang terjadi 12 bulan terakhir). Tetapi, hal-hal yang saya rasakan adalah:

  • Wow, ternyata banyak hal-hal yang menarik terjadi 12 bulan terakhir ya. Saya saja tidak benar-benar memikirkannya
  • Beruntung sekali saya ya, sebagai makhluk hidup, banyak yang bisa disyukuri
  • Ternyata hidup saya pun quite amazing and meaningful
  • Dan ternyata hal-hal yang terasa ‘sulit’ pun sebenarnya momen yang indah

when life is sweetWhat’s meaningful in my life? Untuk menjawabnya, mari coba kita kategorikan jawaban Anda dalam 6 kelompok sebagai berikut agar kita bisa analisa bersama:

1. Achievements – Pencapaian atau prestasi
2. Growth – Pembelajaran
3. Contributions – Kontribusi
4. Connections – Moments dimana kita merasa ‘connected’ dengan orang lain, YME, alam, dll
5. Simple Pleasures – Dari melihat matahari terbit atau minum secangkir kopi
6. Others

Analisa 1:

  • Yang paling banyak dimana? ini bisa memberi gambaran sekarang kita sedang berada di ‘stage’ yang mana, yang fokus kepada apa. Contohnya, kalau paling banyak Achievements, memang saat ini itu yang menjadi kebutuhan kita saat ini.
  • Yang ingin lebih banyak dimana? Ini bisa member gambaran tentang arah kemana kita ingin pergi. Dari 6 kategori itu yang mana yang belum ada atau masih sedikit? Itu yang bisa dijadikan fokus untuk tahun ini.

Analisa 2

  • Dari hal-hal tersebut, berapa banyak yang kita rayakan?
  • Dan, bagaimana merayakannya? Dan tidak perlu pesta ya, bisa membelikan diri sebuah coklat pun sebuah perayaan. Malah, cara paling sederhana untuk merayakan sebuah situasi/momen adalah dengan mensyukurinya. Termasuk hal-hal yang kurang enak.

What do you learn? Bagi saya, saya tidak mau menjadi pribadi/sosok yang hanya sekedar fokus kepada banyaknya pencapaian/prestasi. Tetapi, mudah-mudahan dalam hidup pun saya banyak ingat moments dimana saya merasa ‘naik kelas’ walau tidak ada penghargaannya (growth). Dan dibandingkan achievements dan growth, saya merasa berarti ketika saya bisa berkontribusi dan terasa manfaatnya di orang lain/lingkungan. Dan dari semua moments, yang paling menyentuh adalah ketika saya bisa memiliki that intimate moment dengan orang lain, meaningful conversations about life. Dan, yang menyelamatkan saya setiap harinya adalah – those simple pleasures, seperti that first sip of morning coffee, sambil mendengarkan nyayian burung gereja di depan kamar. I always remember catching myself smile. When was the last time you catch yourself smiling?

“He who is contented is rich.” – Lao Tzu

Membuat daftar ini, to celebrate life, it makes me feel rich. Itu kan pembelajaran saya.

Dan belajar dari Oprah Winfrey …

celebrate what you want to see more of

 

What about you?
Bagaimana teman-teman bisa menganalisa hal ini dan hal apa yang teman-teman dapatkan?
Ceritakan pengalamannya di sini ya:)

 

 

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

2 Comments

  1. Khoirina -  December 15, 2014 - 12:38 pm

    Ini begitu menarik, momen-momen seru biasanya aku tuliskan di blog atau path.
    beberapa yang secret aku juga menuliskannya di buku catatan.
    dan ketika melihat catatan-catatan itu rasanya… banyak sekali pembelajaran didalamnya 🙂

    • The Unlearn Team -  December 16, 2014 - 8:17 pm

      Cie Khoiiiiii. Mau dong rangkuman tahun 2014-nya di share dengan kita semua, boleh kaaaaah? plis plis pliiiiisssss. Thank you yaaaaaa 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *