Leadership itu bukan tentang jabatan, tetapi tentang dampak positif

Posted at : 23 - 03

- 2014

 

Di suatu forum, bertemu dengan 200 anak kuliah, ketika ditanya “Siapa yang ingin menjadi pemimpin?” Semuanya angkat tangan. Lucunya, banyak dari kita yang mengatakan ingin menjadi pemimpin, tetapi ketika diberikan situasi yang membutuhkan ‘kepemimpinan’ kita, kita tidak mau maju. Seperti ingin lulus ujian tanpa mengambil ujian. Lucu kan?

Well, kerennya di video ini menunjukkan bahwa kepemimpinan itu bukan tentang usia, jabatan, maupun pengalaman. Bukan tentang memiliki pengikut, tetapi menciptakan pengikut. Bukan sekedar ingin jadi pemimpin, tetapi menginspirasi orang lain untuk menjadi pemimpin. Jadi, dalam keseharian kita pun sebenarnya banyak kesempatan untuk melatih kepemimpinan kita, hanya kita-nya saja yang males.

Dari tidak mengeluh ketika macet tetapi melakukan sesuatu yang produktif. Atau pulang bawa oleh-oleh untuk pembantu padahal sebenarnya tidak perlu. Membuang sisa makanan ketika makan di fast-food restaurant dan tidak hanya sekedar meninggalkan sampah di meja. Banyak contoh-contohnya. Kamu punya contoh?

Coba deh kamu lihat videonya, apa yang kamu pelajari? Coba tulis di bagian komen, insight apa yang kamu dapatkan.

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *