Kesalahan yang sering dibuat saat usia 20an

1 Comment
Kesalahan yang sering dibuat saat usia 20an

Kesalahan yang sering dibuat saat usia 20an,- Kebanyakan orang menggunakan usia 20-an mereka untuk mencari tahu apa artinya menjadi dewasa, dan proses ini tentu tidak mudah bagi semua orang. Gak jarang juga akhirnya kita membuat kesalahan-kesalahan di usia 20an ini, apa aja sih yang sebenarnya hal yang sering kita lakukan han itu jadi kesalahan?

1. Berpikir bahwa pendidikan dan bakat yang cukup untuk menjadi sukses.

Kecerdasan saat di bangku sekolah, bakat yang dimiliki, ditambah gelar akademis dari universitas itu hal yang baik yang bisa kita miliki, tetapi hal ini gak menjamin kesuksesan jika tidak di sertai dengan kerja keras dan ke konsistenan.

Yang menjadi pendukungnya juga adalah social skills, kalau hanya sekedar pintar dan berbakat tapi komunikasinya lemah atau attitude nya gak bagus, bagaimana bisa berinteraksi dengan baik dan terlihat value yang dimiliki?!

2. Menyamakan uang dengan kebahagiaan.

Berpikir bahwa memiliki gaji yang besar, uang yang banyak kita pun akan bahagia. Uang memang bisa membantu kita untuk memenuhi kebutuhan hidup, tapi kebahagiaan sebenarnya kita bisa ciptakan sendiri dan gak harus dengan memiliki banyak uang. Pandai-pandai bersyukur deh, teman saya yang bebrapa waktu yang lalu berbaring sakit karena bekerja lupa waktu akhirnya pun sedih sendiri, punya uang banyak tapi berujung dengan berbaring di rumah sakit.

3. Tidak memperhatikan kesehatan diri

“Ah masih muda, gue bisa ngelakuin apa aja kok.” Gak masalah kok kamu mau melakukan apa saja, yang penting tetap bertanggung jawab dan menerima segala resiko yang dapat di timbulkan. Mau mabuk sampai jackpot, kerja 3×24 jam nonstop, atau bahkan diet ‘gak’ sehat yang membuat kamu gak makan berhari-hari. daaannn, pada hal ini gak sedikit kejadian yang menimbulkan penyakit ataupun kematian. Yuk deh, mulai menyayangi diri sendiri. Mulai sekarang ya!! 🙂

4. Menunda melakukan sesuatu

Untuk hal apapun itu yang bisa di tunda, sering kali kita menundanya. Yes, selalu menunda mengerjakan segala sesuatu dengan segera mungkin, lalu seringkali kejadian ternyata waktunya udah mepet akhirnya gak dikerjain. Lari dari tanggung jawab, yang akhirnya kita bikin susah diri kita sendiri. dalam hati bilang “ya ampun, selama ini gue kemana aja? gue ngapain aja sih? duh..”

5. Mencoba menyenangkan semua orang

Ingin menyenangkan semua orang, bersahabat dengan semuanya, teman lama, bos, klien, rekan kerja. Yes,  Gak salah kok melakukan hal ini, yang perlu di persiapkan adalah penerimaan bahwa ketika kamu mencoba menyenangkan semua orang belum tentu semua orang itu akan senang atau menyukaimu. Jadi, gak harus tuh berusaha selalu menyenangkan semua orang. Coba mulai menyengkan diri sendiri atau orang terdekad dulu deh, bukan semua orang ya.

6. Berpikir bahwa persahabatan akan bertahan selamanya

Pas jaman masih kuliah deket banget sama si A, kemana-mana bareng, setelah lulus, kerja, masih sering menyapa, lalu punya pekerjaan, pindah kota atau negara dan sibuk hingga akhirnya menghilang dan gak tau kapan bisa bertemu lagi. Kita kadang masih berpikir tentang ini kok, punya janji masing-masing bahwa akan jadi sahabat selamanya, dan ternyata hal ini gak selalu benar. Ada sahabat yang masih sering ngobrol tapi gak pernah bertemu karena tinggal di kota yang beda, atau teman yang tinggal di kota yang sama tapi gak pernah menyapa karena kesibukannya. Untuk sekarang, kita hanya perlu mempertahankan perssahabatan yang sudah ada kok, atau keluar dan membuat teman baru.

7. Berpikir pindah tempat baru akan memecahkan masalah

Dalam hidup kadang ada saja masalah yang datang, Kalau sudah bingung dan gak tau harus apa bisa saja kita berpikir untuk meninggalkan semuanya dan pindah ke tempat baru.  Pindah ke tempat baru padahal belum tentu juga masalah dapat menyelesaikan masalah, kalau masalahnya ada karena pekerjaan atau lingkungan yang tidak menyenangkan mungkin iya, tetapi kalau masalahnya karena diri kita, karena sikap kita, bagaimana bisa kita memecahkan masalah tersebut?!

“You can only be young once. But you can always be immature.”
― Pat Monahan

Buat kesalahan sebanyak-banyaknya, belajar, dan perbaiki agar tidak terulang lagi. Karena hari ini hanya ada sekali dalam hidup kita!

7 Kesalahan yang sering dibuat saat usia 20an, kamu melakukan kesalahan yang disebutkan diatas gak? atau ada kesalahan yang kamu buat secara sadar saat usia 20an? coba share di komentar dong, thank you!! 🙂

 

Inspirasi : Business Insider

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

1 Comment

  1. Agustian -  October 11, 2015 - 5:27 am

    Yg no.7 aku pernah lakuin, ceritanya lg muak sama temen kost, akhirnya pindah. Dan semua berlalu hingga aku sadari aku nya yang masih kurang bijaksana dan terburu-buru ^_^

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *