Jangan Ikuti Passionmu, Tetapi…

Posted at : 24 - 11

- 2014

Ketika menemukan video ini itu rasanya seperti menemukan harta karun. Karena, nasehat ‘follow your passion’ itu saja tidak cukup dan sulit untuk dijalankan, terlebih bagi kita yang belum menemukan atau merasakan passion kita itu apa. Nah, kali ini, perspektifnya juga keren, jangan ikuti passionmu, tetapi….

 

Ketika Elizabeth Gilbert, penulis dari Eat, Pray, Love author melakukan perjalanannya keliling Italia, India dan Indonesia, Ia merasa kehilangan. Pernikahannya telah berakhir, Ia merasa lelah secara emosional, dan Ia pun sangat ingin menemukan rasa fulfillment dan solace. Ini seperti waktu yang tepat untuk mengikuti nasehat “follow your passion,” tetapi Ia malah memiliki perspektif yang berbeda dari yang lain.

Dalam “The Life You Want Weekend,” acaranya Oprah, Elizabeth membagi perspektifnya tentang “following your passion.”

“Saya akan mengatakan sesuatu yang sangat aneh dan mengagetkan kamu semua,” katanya. “Saya akan berbicara melawan arah dari passion.”

“Kita sering mendengarkan orang lain mengatakan bahwa kita sebaiknya mengikuti passion kita. Ini saran yang bagus,  menghangatkan hati, dan sangata baik – jika kita kebetulan memiliki passion yang sangat jelas,” katanya.

Tetapi, apa yang terjadi ketika kita tidak tahu pasti passion kita apa? Mengikuti saran ini hanya akan membuat kita lebih frustrasi dari sebelumnya.

“Terkadang, ini membuat kita merasa lebih gak enak dan tertinggal karena kita merasa, ‘Ya iyalah akan gue ikuti kalau gue tau passion gue itu apa!'” kata Elizabeth. “Kalau kamu ada di posisi ini…. lupakan tentang passion.”

Kemudian, Ia menyarankan sesuatu yang lebih mudah untuk diraih. Follow your curiosity. “Ikuti rasa ingin tahu kamu,” kata Elizabeth. “Passion itu jarang-jarang; passion itu gairah semalam. Passion itu panas, ia membakar kita. Sulit untuk kita akses setiap harinya.”

Walaupun Elizabeth pun mengidentifikasi dirinya sebagai seseorang yang sangat passionate, Ia pun mengatakan bahwa Ia tidak merasa passionate setiap hari. Yang Ia rasakan setiap hari adalah, keingin tahuan. Curiosity.

“Ikutilah,” katanya. “Rasa ingin tahu ini akan menunjukkan passionmu, ataupun tidak. Kamu mungkin tidak akan mendapatkan apapun kecuali hidup yang sangat indah dimana yang kamu lakukan setiap hari adalah mengikuti rasa keingin tahuanmu. Dan itupun sudah lebih dari cukup.”

 

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

1 Comment

  1. azantie -  August 14, 2015 - 3:09 pm

    waaah ini aku bangetttt, aku tu slalu bingung tiap ditanyain apa passion anda ketika interview kerja karena apapun yg aku kerjakan pada akhirnya aku menyukai smua hal itu. hahaha. thanks i will follow my curiosity

    http://www.azantie.blospot.com

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *