I love you because…

2 Comments
I love you because…

“Each morning when I open my eyes I say to myself: I, not events, have the power to make me happy or unhappy today. I can choose which it shall be. Yesterday is dead, tomorrow hasn’t arrived yet. I have just one day, today, and I’m going to be happy in it.”
– Groucho Marx

Challenge:
Tuliskan sebanyak-banyaknya tentang diri kita sendiri!
”I love you because…..” atau ”I love you even though…….”
”Aku sayang kamu karena……” atau ”Aku sayang kamu walaupun…….”

How happy are you with YOU? Ini yang sering disebut dengan self-esteem, seberapa kita suka dan nyaman dengan diri sendiri. Ada dari kita yang memiliki self-esteem yang sehat, ada juga yang lebih minder atau insecure ataupun ada juga yang terlalu percaya diri. Ketika remaja, saya sekarang baru sadar bahwa saya selalu memiliki tantangan untuk memiliki self-esteem yang sehat — saya tidak happy dengan siapa saya, tetapi saya tidak menyadari hal tersebut.

How do you see yourself? Dari sangat setuju, setuju, tidak setuju dan sangat tidak setuju, bagaimana kamu melihat diri kamu saat ini?

  • Saya merasa saya manusia yang ada nilainya, at least sama dengan orang lain.
  • Saya merasa saya memiliki beberapa kualitas yang baik.
  • Secara keseluruhan, saya merasa bahwa saya seorang yang failure.**
  • Saya bisa melakukan hal-hal sama baiknya dengan orang lain.
  • Saya merasa saya tidak punya banyak hal yang bisa saya banggakan.**
  • Saya memiliki sikap positif terhadap diri saya sendiri.
  • Secara keseluruhan, saya puas dengan diri saya sendiri.
  • Saya berharap saya memiliki rasa respect yang lebih terhadap diri sendiri.**
  • Dalam saat-saat tertentu, saya merasa tidak berguna (useless).**
  • Dalam saat-saat tertentu, saya merasa tidak bagus sama sekali.**

Dan dari hal-hal tersebut, kita bisa melihat cara diri kita sendiri. Kalau banyak setuju dengan yang diberi tanda (**) memberi gambaran bahwa kita harus lebih bisa meningkatkan self-esteem kita sendiri.

Bagaimana meningkatkan self-esteem?

Appreciating vs. Degrading. Seperti latihan ini, coba mengumpulkan bukti-bukti maupun testimoni apa yang menjadi kekuatan ataupun hal-hal yang membuat diri kita amazing. Why? Karena kitapun sering lupa betapa berharganya diri kita ini dan kita butuh diingatkan. Ketika sedang feeling low, galau ataupun stress, coba baca daftar-daftar ini dan ini bisa membantu kita mengapresiasi diri kita, dibandingkan menjelekkan diri sendiri ataupun meratapi nasib.

Forgive Self vs. Blaming. Agar kita tidak terjebak menyalahkan diri sendiri ataupun orang lain, coba belajar untuk memaafkan diri sendiri – anyway, tidak ada manusia yang selalu sempurna bukan?

Start Sharing vs. Comparing. Agar tidak selalu terjebak untuk membandingkan diri dengan orang lain, coba untuk mulai berbagi dengan orang lain ataupun membantu orang lain. Why? Karena kita semua pasti memiliki sesuatu yang bisa kita berikan, walaupun hanya sebuah senyum. Ini sebabnya mengikuti kegiatan social ataupun volunteer menjadi media yang baik untuk meningkatkan self-esteem.

My Feel Good Folder. Saya mengumpulkan surat, email ataupun benda-benda yang memberikan saya energi positif, yang mengingatkan saya bahwa “I’m pretty special” atau “Damn, my life is pretty special!” Dan setiap saya merasa sedih, low, galau, saya cukup membaca hal-hal tersebut dan saya seperti diberikan energi baru, diingatkan kembali why I love me. Seperti salah satu kartu ulang tahun dari sahabat saya yang hanya menuliskan satu kalimat “Thank you for being you!” *masih terharu*

Being happy doesn’t mean you’re perfect. It just means you’ve decided to look beyond the imperfections.
– K.B Indiana (age 14)

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

2 Comments

  1. inez -  April 30, 2014 - 7:56 pm

    Akhirnya semoet juga buka theunlearn lagi dan langsung ketemu artikel ini..
    sukaaa bangett! kadang suka lupa kalo”i love you” ga cuma buat orang lain tapi juga harus buat diri sendiri 🙂

    • The Unlearn Team -  May 1, 2014 - 8:31 am

      Hai Ineeezzzz, welcome baack 🙂
      Ditunggu tulisan kamu selanjutnya lho. Banyak banget yang suka…

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *