Cara Menjadi Pribadi Yang AWESOME

Posted at : 01 - 04

- 2013

Kadang kita suka lupa betapa indah dan AWESOME-nya hidup ini. Neil Parsricha pun merasakannya ketika keuangannya memburuk, istrinya meninggalkannya dan sahabatnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Ketika dilanda dengan berbagai hal-hal sulit dalam hidup, sangat mudah untuk terpuruk di dalam kesulitan tersebut. Berusaha untuk mencari cara untuk tetap positif. Di situlah Ia memulai perjalanannya dengan melihat hidup dengan cara berbeda yang dituliskannya di blognya 1000awesomethings.com. Dari perjalanan itulah Ia merangkum 3 A yang bisa membuat hidup kita tetap AWESOME. Yang sekarang pun sudah menjadi buku: The Book of Awesome.

3 hal yang bisa kita jaga adalah: Attitude, Awareness dan Authenticity.

Attitude.

One, you can swirl and twirl and gloom and doom forever, or two, you can grieve and then face the future with newly sober eyes. Having a great attitude is about choosing option number two, and choosing, no matter how difficult it is, no matter what pain hits you, choosing to move forward and move on and take baby steps into the future.

Memilih sikap. Ketika hal-hal sulit terjadi, kita selalu punya pilihan:
1. Untuk galau, meratapi diri dan terjebak dalam kegalauan tersebut. Atau
2. Bersedih kemudian menghadapi masa depan dengan mata yang berbeda. Dengan mengambil langkah-langkah kecil.

Easier said than done. Coba, setiap kali kamu merasa hidup itu sedang sulit, periksa sikap kamu. Kalau kamu masih mengatakan ‘ya, tapi kan….’ itu tandanya masih terjebak.

Awareness.

I love hanging out with three year-olds. I love the way that they see the world, because they’re seeing the world for the first time.

Di dalam diri kita tetap ada diri seorang anak berusia 3 tahun. Dimana kita bisa melihat dunia seperti melihatnya pertama kali, penuh dengan rasa kagum. Seperti melihat buah kurma di supermarket lalu berfikir, hebat sekali ya, ada orang di Moroko yang memanjat pohon kemudian membawanya ke dermaga untuk dikirim melintasi lautan Atlantik dan kemudian bisa sampai di supermarket kita. How amazing is that?

Awareness adalah untuk berhenti sesaat untuk mengagumi hal-hal kecil yang kita alami.

Authenticity.

It’s just about being you and being cool with that. And I think when you’re authentic, you end up following your heart, and you put yourself in places and situations and in conversations that you love and that you enjoy. You meet people that you like talking to. You go places you’ve dreamt about. And you end you end up following your heart and feeling very fulfilled.

Neil bercerita tentang seorang pemain football terkenal, yang juga terkenal besar, gahar dan tidak bisa ditaklukkan. Tetapi, di waktu luangnya, hobinya adalah kristik (needle point) – ini seperti menjahit atau menyulam. Gila, laki-laki hitam, besar, kasar suka menjahit? Wow. Ini adalah otentik. Nyaman dengan diri sendiri terlepas orang lain mau bilang apa. Dan toh, tidak menyakiti orang lain dan membawa ketenangan dan kebahagiaan dalam diri. Yang akhirnya setelah pensiun, Ia pun menerbitkan uku tentang kristik.

Bagaimana dengan kamu?

Hal-hal yang AWESOME selalu terjadi setiap harinya kalau  kita memperhatikannya. Dan hal-hal awesome bukan saja hal-hal besar yang kita jumpai, tetapi hal-hal kecil yang terjadi kepada kita yang kita kurang apresiasi (… take for granted). Atau, kalau kata Devy, habis manis sepah dibuang. Dari dapat tempat parkir yang terbaik di mall. Mencoba resep baru yang jadinya lebih enak dari yang kita bayangkan. Gak kena macet. Atau, sesederhana mungkin seperti lampu yang menyala di pagi hari. Adanya air mengalir di rumah. Masih memiliki keluarga.

So, bagaimana kamu bisa membuat hidup kamu semakin AWESOME?

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *