Cara Mendesain Hidup

No Comment
Cara Mendesain Hidup

“Do you live by design or by default?”

Salah satu pertanyaan yang kalau dijawab secara jujur bikin kita mikir, karena sering kali kita menginginkan sesuatu hanya sekedar menginginkan saja dan mengikuti arus yang berjalan, jadi semuanya berjalan secara default dan biasa-biasa saja. Sedangkan Living by design artinya kita hidup dengan perencanaan yang kita buat sendiri dan menjalaninya untuk mencapai tujuan yang dibuat.

Ada beberapa hal yang menunjukan bahwa kita hidup secara default, diantaranya :

Punya mimpi tapi tidak bermakna, Ya semua orang boleh bermimpin, boleh punya mimpi, namun mimpi sekedar mimpi saja. Masih bingung dan tidak tau harus bagaimana dan kapan mewujudkannya.

Tidak punya rencana tentang bagaimana cara mewujudkan impiannya, Kalau kita punya mimpi it’s good, lalu kita tidak punya rencana untuk mencapai mimpi-mimpi itu? coba pikirkan lagi 😉

Tidak mengambil tindakan sesuai rencana yang kamu buat, Kita bisa punya mimpi dan rencana, tapi kalau tidak mengambil tindakan sesuai rencana yang dibuat bagaimana? Mau A, mau B, tetapi karena banyak yang menyarankan C kita jadi ikut-ikutan C.

Tidak konsisten dalam menjalankannya, Setelah punya mimpi, rencana dan tindakan satu lagi yang terpenting adalah konsisten. Konsisten agar dapat mencapai impian tersebut. kita bisa saja mendapatkan hasil yang langsung baik karena awalnya sungguh-sungguh, namun kalau setelahnya tidak konsisten, apa bisa akan seterusnya baik?

Setelah tau tentang hidup yang default, lalu bagaimana cara mendesain hidup kita? ada beberapa hal yang bisa menjadi cara untuk mendesain hidup, diantaranya :

1. Tujuan

Tujuan ini penting, karena kalau tanpa tujuan bagaimana kita tau tentang perjalanan untuk mencapai tujuan tersebut? tujuan ini adalah alasan “mengapa” kita melakukan sesuatu.

What is it that makes your life feel alive? What is it that makes your life feel full?

2. Mimpi

Setelah mengetahui tujuan, dan  impian yang berkaitan dengan tujuan. coba pertanyakan,

What do you want to achieve? How do you imagine the future?

3. Rencana

Untuk membuat impian menjadi kenyataan, tentunya kita butuh rencana. kita perlu tahu tentang bagaimana cara mencapai tujuan kita. Mau hidup yang seperti apa? ya, rencanakan.

4. Tindakan

Rencana tanpa tindakan apa artinya? mengambil tindakan yang tidak sesuai rencana, apa jadinya? antara rencana dengan tindakan pun harus sejalan, setidaknya meskipun hasilnya belum pasti berhasil kita sudah mulai melangkah.

5. Konsisten

Tidak ada yang Instan! sekalipun ada mie instan, untuk makan mie kita tetap perlu memasaknya dulu bukan? 🙂

Begitupun dengan hasil yang baik, jangan lupa untuk terus konsisten dan tetap berantusias dalam melakukan sesuatu.

 

Kalau dari kamu, bagaimana cara kamu menjalankan hidupmu? mendesain hidup atau menjalani semuanya secara otomatis? ada ide lagi tentang cara mendesain hidup gak? kalau ada, share dengan kami ya 😉

Life is precious, so don’t just live by default. Live by design and you will live your life to the fullest.

source : Life Optimizer

 

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *