Cara membentuk Diri, Nasib dan Masa Depan

No Comment
Cara membentuk Diri, Nasib dan Masa Depan

 

Whaattt?

Yes, sering kali kita bingung sebenarnya kita cocoknya kuliah apa, atau berkarir seperti apa, atau jadi manusia yang seperti apa. Yes, bingung. Karena seumur hidup, kita jarang sekali mendapatkan advice yang praktis untuk hal ini. Dan jujur, walaupun kita tahu, kebanyakan dari kita memang malas. Keinginan banyak, kemauan sedikit, tindakan hampir tidak ada. Alasan… lebih banyak lagi …

Lalu kita mulai mengeluh atau meratapi nasib sendiri. Gak suka dengan kerjaan yang sekarang tetapi tidak melakukan apapun. Menyalahkan nasib yang jelek walau tidak banyak usaha juga untuk mengubahnya. Lalu iri dengan orang lain.

Atau, kalau seperti gue, sering sekali melakukan kesalahan.

Yang gue suka sebenarnya karena tidak pernah ada kata terlambat. Kalau kamu benar-benar serius ingin membentuk Diri, Nasib dan Masa Depan, gue menemukan contekannya yang menurut gue keren BANGET yang ditulis oleh salah satu penulis/mentor favorit gue. Silahkan dibaca. Let me know what you think.

—-

Cara Membentuk Diri, Nasib dan Masa Depan.

(atau… The Art of Reinventing Ourselves)

Ini adalah aturannya: Saya sudah mencapai titik nol beberapa kali, bangun kembali beberapa kali, dan melakukannya berulang-ulang. Saya sudah sering kali harus memulai karir baru. Orang-orang yang mengenal saya saat itu, tidak mengenal saya lagi. Dan seterusnya.

Saya harus mengubah karir beberapa kali. Kadang-kadang karena kepentingan saya berubah. Kadang-kadang karena semua jembatan telah terbakar dan tidak bisa dikenali lagi. Kadang-kadang karena saya sangat membutuhkan uang. Dan kadang-kadang hanya karena saya membenci semua orang dalam karir lama saya atau mereka membenci saya.

Ada cara lain untuk menemukan kembali diri Anda. Inilah yang terbukti untuk saya.

Saya sudah pernah melihat teknik ini bekerja untuk beberapa ratus orang lain. Melalui wawancara, melalui orang menulis surat ke saya, selama 20 tahun terakhir. Kamu boleh mencobanya atau tidak.

A) Reinvention tidak pernah berhenti.
Setiap hari kita selalu re-invent kembali diri Anda. Kita selalu bergerak. Tapi kita yang memutuskan setiap hari: maju atau mundur.
B) Mulai dari awal.
Semua hal yang kamu telah capai sebelumnya sebenarnya tidak berarti. Kau seorang dokter? Kamu pergi ke universitas ternama? Kamu memiliki uang milyaran? Kamu memiliki keluarga? Tak ada yang peduli. Ketika kamu kehilangan segalanya, kamu sedang ada di nol. Tidak perlu ada alasan.

C) Kamu butuh mentor.
Jika tidak, kamu akan tenggelam ke dasar. Seseorang harus menunjukkan kepada kamu bagaimana untuk bergerak dan bernapas. Tapi jangan khawatir tentang menemukan mentor (lihat di bawah).

D) Tiga jenis mentor
– Langsung. Seseorang yang ada di depan kamu yang akan menunjukkan kepada kamu bagaimana mereka melakukannya. Apa “itu”? Tunggu. By the way, mentor tidak seperti pria Jepang tua di “The Karate Kid.” Pada akhirnya sebagian mentor akan membenci Anda.

– Tidak langsung. Buku. Film. Anda dapat outsource 90 persen dari mentorship ke buku dan bahan lainnya. 200-500 buku sama dengan satu mentor yang baik. Orang-orang bertanya pada saya, “Apa buku bagus yang untuk dibaca?” Saya tidak pernah tahu jawabannya. Ada 200-500 buku bagus untuk dibaca. Saya akan memasukkan beberapa buku-buku inspiratif. Apapun yang keyakinan Anda, yang pasti terus garisbawahi hal-hal yang penting yang kamu temukan dalam buku. Setiap harinya.

– Semua itu mentor. Jika kamu sedang ada di, dan memiliki passion untuk re-invent diri, maka segala sesuatu yang kamu lihat akan menjadi metafora untuk apa yang ingin kamu lakukan. Pohon yang Anda lihat, akar yang tidak terlihat, dengan air bawah tanah yang memberikan hidup, semua adalah sebuah metafora untuk computer programming jika kamu menghubungkan titik-titiknya. Apapun yang kamu lihat akan menghubungkan titik-titik itu.

E) Jangan khawatir jika kamu tidak memiliki passion untuk apa pun.
Kamu bisa memiliki passion kesehatan Anda. Mulai dari sana. Ambil langkah bayi. Kamu tidak perlu passion untuk berhasil. Apapun yang kamu lakukan dengan cinta, maka kesuksesan itu akan muncul.
F) Waktu yang diperlukan untuk re-invent diri: lima tahun.
Berikut adalah penjelasan dari lima tahun:

– Tahun Satu: Kamu masih bingung dan sedang membaca segala sesuatu dan baru mulai MELAKUKAN.
– Tahun Kedua: Kamu tahu harus berbicara dengan siapa dan menciptakan network seperti apa. Kamu mulai bertindak setiap hari. Kamu mulai paham bagaimana rencanamu bisa terealisasikan.
– Tahun Tiga: Kamu mulai cukup baik untuk mulai menghasilkan uang. Tetapi belum cukup untuk menjadi karir utama.
– Tahun Empat: Sudah mulai ada penghasilan yang baik. You’re making a good living.
– Tahun Lima: Sudah semakin kaya. You’re making wealth.

Kadang-kadang saya frustrasi dalam tahun 1-4. Saya suka berkata, “Kok belum jadi-jadi juga?” Lalu saya memukul lantai dan melukai tangan sendiri dan mulei melempar kelapa ke lantai dalam ritual aneh. Tidak apa-apa. Teruskanlah. Atau berhenti dan pilih bidang baru. Itu tidak masalah. Ujung-ujungnya, toh kamu mati dan kemudian sulit untuk re-invent diri.

G) Jika Anda melakukan ini lebih cepat atau lebih lambat maka Anda melakukan sesuatu yang salah.
Google adalah contoh yang baik.

H) Ini bukan tentang uang. Tapi uang adalah tongkat pengukur yang layak.
Ketika orang mengatakan “ini bukan tentang uang” mereka harus memastikan mereka memiliki tongkat pengukur yang berbeda.

“Bagaimana dengan hanya melakukan apa yang kita sukai?” Akan ada banyak hari-hari ketika kamu tidak akan mencintai apa yang kamu lakukan. Jika kamu melakukannya hanya untuk cinta maka akan memakan waktu lebih lebih lama dari lima tahun.

Kebahagiaan hanya persepsi positif dari otak kita. Akan ada hari-hari dimana kit tidak bahagia. Otak kita adalah alat yang kita gunakan. Ini bukan siapa kita.

I) Kapan kita bisa mulai mengatakan, “Saya melakukan X” dimana X adalah karir baru Anda?
Hari ini juga.

J) Kapan saya bisa mulai melakukan X?
Hari ini juga. Jika kamu ingin melukis, langsunglah membeli kanvas dan cat saat ini, mulai membeli 500 buku satu per satu, dan mulai melukis. Jika Anda ingin menulis, lakukanlah ketiga hal ini:

– membaca
– menulis
– Ambil penulis favorit Anda dan ketik tulisannya kata demi kata. Tanyakan kepada diri sendiri mengapa ia menulis setiap kata tersebut. Dia mentor Anda hari ini.

Jika Anda ingin memulai bisnis, memulai spesifikasikan ide untuk bisnis Anda. Reinvention dimulai hari ini. Setiap hari.

K) Bagaimana cara menghasilkan uang?
Pada tahun ketiga kamu sudah meluangkan sekitar 5,000-7,000 jam. Itu sudah ada di top 200-300 di dunia dalam segala hal. Semua yang ada di top 200 bisa menghasilkan.

Pada tahun ketika, kamu akan tahu bagaimana menghasilkan uang. Pada tahun keempat di situ kamu bisa ‘make a living’. Beberapa orang berhenti di tahun empat.

L) Pada tahun ke lima Anda berada di atas 30-50 sehingga dapat membuat kekayaan.
M) Dari mana saya tahu apa yang harus saya lakukan? Apa ‘karir’ saya?
‘Karir’ kamu terletak dimana kamu ingin membaca 500 buku tentang hal tersebut. Pergilah ke toko buku dan menemukannya. Jika Anda bosan tiga bulan kemudian kembali ke toko buku.

Tidak apa-apa untuk kecewa. Itulah kegagalan. Sukses memang lebih baik daripada kegagalan tapi pelajaran terbesar ditemukan di kegagalan.

Sangat penting: untuk tidak terburu-buru. Kamu akan re-invent diri kamu berkali-kali dalam kehidupan yang menarik. Kamu juga akan gagal untuk re-invent berkali-kali. Itu menyenangkan juga.

Semakin sering kamu re-invent diri kamu, itu membuat hidup kamu sebuah buku cerita, bukan buku pelajaran.

Beberapa orang ingin kisah hidup mereka menjadi buku pelajarn. For better or worse, hidup saya adalah sebuah buku cerita.

Itu sebabnya reinvention terjadi setiap hari.

N) Pilihan yang kamu buat hari ini akan berada dalam biografimu besok.
Buatlah pilihan yang menarik dan kamu akan memiliki biografi yang menarik.

N1) Pilihan yang kamu buat hari ini akan berada dalam biologi-mu besok.
O) Bagaimana jika saya ingin sesuatu yang tidak jelas? Seperti arkeologi Alkitab atau perang abad ke-11?
Ulangi semua langkah di atas, dan kemudian dalam lima tahun kamu akan membuat kekayaan. Tidak tahu bagaimana caranya. Jangan mencari ujung jalan ketika kamu masih di langkah pertama.

P) Bagaimana jika keluarga saya ingin saya menjadi seorang akuntan?
Berapa tahun dari hidup kamu yang kamu janjikan untuk keluargamu? Sepuluh tahun? Seumur hidup? Menunggu sampai kehidupan berikutnya? Hal yang baik adalah: KAMU bisa memilih.

Pilih kebebasan atas keluarga. Kebebasan atas prasangka. Kebebasan terhadap pemerintah. Kebebasan atas selalu menyenangkan orang lain. Kemudian kamu akan bahagia.

Q) Mentor saya ingin saya untuk melakukannya dengan caranya..
It’s okay. Pelajari caranya. Kemudian lakukan dengan cara-mu. Tentunya dengan hormat.

Mudah-mudahan tidak ada yang mengacungkan pistol ke kepalamu. Karena kalau ada, kamu harus melakukannya dengan cara mereka sampai pistolnya diletakkan kembali.

R) Pasangan saya khawatir tentang siapa yang akan mendukung / mengurus anak-anak?
Setelah Anda bekerja 16 jam sehari, tujuh hari seminggu menjadi petugas kebersihan, gunakan waktu luangmu untuk re-invent.

Seseorang sedang melakukan REINVENTION, SELALU memiliki waktu luang. Bagian dari reinvention adalah mengumpulkan potongan-potongan waktu dan mengukirnya menjadi hal yang kamu inginkan.

S) Bagaimana jika teman-teman saya pikir saya gila?
Teman-teman?

T) Bagaimana jika saya ingin menjadi astronot?
Itu bukan sebuah reinvention. Itu pekerjaan spesifik. Jika kamu suka “luar angkasa” ada banyak karir. Richard Branson ingin menjadi astronot dan mulai Virgin Galactic.

U) Bagaimana jika saya ingin pergi minum dan berpesta?
Bacalah posting ini lagi dalam setahun.

V) Bagaimana jika saya sibuk selingkuh?
Bacalah posting ini lagi dalam dua atau tiga tahun kamu sudah bangkrut dan menjadi pengangguran dan tidak ada yang suka kamu.

W) Bagaimana jika saya tidak memiliki keterampilan sama sekali?
Baca “B” lagi.

X) Bagaimana jika saya tidak memiliki gelar atau saya memiliki gelar berguna?
Baca “B” lagi.

Y) Bagaimana jika saya harus fokus untuk membayar utang dan hipotek?
Baca “R” lagi.

Z) Kenapa saya selalu merasa seperti orang luar yang memandang ke dalam?
Albert Einstein berada di luar mencari masuk. Tak seorang pun yang ingin mempekerjakan dia.

Semua orang pernah merasa seperti fraud, di suatu waktu. Bentuk tertinggi kreativitas lahir dari skeptisisme.

AA) Saya tidak bisa membaca 500 buku. Apa satu buku yang harus saya baca untuk inspirasi?
Menyerah.

BB) Bagaimana jika aku terlalu sakit untuk melakukan ini semua?
Reinvention akan meningkatkan setiap bahan kimia yang sehat dalam tubuh Anda: serotonin, dopamin, oksitosin. Teruslah bergerak maju dan kamu mungkin tidak akan sehat tetapi kamu akan menjadi lebih sehat. Jangan gunakan kesehatan sebagai alasan.

Akhirnya, reinvent-lah kesehatanmu terlebih dahulu. Tidur lebih lama. Makan lebih baik. Olah raga. Ini adalah langkah kunci untuk reinvention.

CC) Bagaimana jika pasangan terakhir saya kacau saya dan saya masih menuntut dia?
Berhenti berselisih dan jangan pernah berpikir tentang dia lagi. Setengah masalahnya adalah kamu, bukan dia.

DD) Bagaimana jika saya masuk penjara?
Perfect. Baca kembali “B.” Bacalah banyak buku di penjara.

EE) Bagaimana jika saya pemalu?
Jadikanlah kelemahanmu menjadi kekuatanmu. Introvert mendengarkan lebih baik, lebih fokus, dan memiliki cara yang lebih menawan.

FF) Bagaimana jika saya tidak bisa menunggu lima tahun?
Jika kamu berencana untuk hidup dalam lima tahun maka kamu bisa mulai hari ini.

GG) Bagaimana sebaiknya saya membentuk network?

Buat lingkaran konsentris. Anda berada di tengah.
Lingkaran berikutnya adalah teman dan keluarga.
Lingkaran berikutnya adalah komunitas online.
Lingkaran setelah itu adalah kopdar.
Lingkaran setelah itu adalah conferences dan thought leaders.
Lingkaran setelah itu adalah mentor.
Lingkaran setelah itu adalah customers dan wealth-creators.
Mulailah berjalan melalui lingkaran.

HH) Apa yang terjadi ketika saya memiliki ego tentang apa yang saya lakukan?
Dalam 6-12 bulan Anda akan kembali pada “B”

II) Bagaimana jika saya passionate tentang dua hal? Bagaimana jika saya tidak bisa memutuskan?
Gabungkanlah 2 hal tersebut, dan kamu akan menjadi yang terbaik di dunia untuk kombinasi tersebut.

JJ) Bagaimana jika saya begitu bersemangat saya ingin mengajarkan apa yang saya pelajari?

Mulailah mengajar di YouTube. Mulailah dengan memiliki 1 penonton dan lihat apakah itu diminati.

KK) Bagaimana jika saya ingin membuat uang sambil tidur?

Pada tahun keempat, mulai outsource apa yang kamu lakukan.

LL) Bagaimana cara saya bertemu mentor dan thought leaders?
Setelah kamu memiliki pengetahuan yang cukup (setelah 100-200 buku), tuliskan 10 ide untuk 20 potensial mentor.

Tak satu pun dari mereka akan merespon. Tuliskan 10 lebih banyak ide untuk 20 mentor baru. Ulangi setiap minggu.

Siapkan newsletter untuk semua orang yang tidak merespon. Terus ulangi sampai seseorang merespon. Blog tentang upaya belajarmu. Bangunlah komunitas di sekitarmu dimana kamu expert-nya.

MM) Bagaimana jika saya tidak memiliki ide-ide?
Terus berlatih untuk punya ide-ide. Itu adalah otot. Kamu harus membangunnya.

Sulit bagi saya untuk menyentuh jari kaki saya jika saya belum melakukannya setiap hari. Saya harus melakukannya setiap hari untuk sementara waktu sebelum saya dapat dengan mudah menyentuh jari kaki saya. Jangan berharap ide-ide yang baik untuk datangĀ  pada hari pertama.

NN) Apa lagi yang harus saya baca?
SETELAH buku, membaca situs, forum, majalah. Tapi sebagian besar dari itu adalah sampah.

OO) Bagaimana jika saya melakukan semua yang Anda katakan tetapi masih tidak tampak seperti itu bekerja?
Ini akan bekerja. Tunggu saja. Teruslah re-invent setiap hari.

Jangan mencoba menemukan ujung jalan. Kamu tidak bisa melihat ujung jalan dalam kabut. Tapi kamu bisa melihat langkah berikutnya dan kamu tahu bahwa jika kamu melakukan langkah berikutnya, pada akhirnya kamu akan sampai ke ujung jalan.

PP) Bagaimana jika saya mengalami depresi?
Duduk diam selama satu jam sehari. You need to get back to your core.

Jika Anda pikir ini terdengar bodoh maka jangan melakukannya. Tetaplah depresi.

QQ) Bagaimana jika saya tidak memiliki waktu untuk duduk diam?
Kemudian duduk diam selama dua jam sehari. Ini bukan meditasi. Ini hanya duduk.

RR) Bagaimana jika saya merasa takut?
Tidur 8-9 jam sehari dan jangan pernah bergosip. Tidur adalah kunci No 1 untuk kesehatan yang sukses. Ini bukan satu-satunya kunci. Hanya saja No 1. Beberapa orang menulis kepada saya dan berkata, “Aku hanya perlu empat jam tidur” atau “di negara saya tidur berarti malas.” Nah, orang-orang ini akan gagal dan mati muda.

Bagaimana dengan gosip? Otak biologis ingin memiliki 150 teman. Kemudian ketika kamu sedang dengan salah satu teman, kamu bisa bergosip tentang salah satu dari 150 yang lain. Jika kamu tidak memiliki 150 teman maka otak ingin membaca majalah gosip sampai berpikir itu memiliki 150 teman.

Jangan sebodoh otakmu.

SS) Bagaimana jika saya tetap merasa seperti tidak ada yang pernah berhasil untuk saya?
Luangkan 10 menit sehari berlatih syukur. Jangan menekan rasa takut. Sadari rasa marah.

Latih diri untuk bersyukur untuk hal-hal yang kamu sudah miliki. Kemarahan tidak pernah inspirasional tapi syukur sangat menginspirasi. Syukur adalah jembatan antara dunia dan alam semesta di mana semua ide-ide kreatif itu hidup.

TT) Bagaimana jika saya harus berurusan dengan personal bullshit sepanjang waktu?
Cari orang-orang baru untuk ada di sekelilingmu..

Seseorang yang sedang re-invent dirinya akan terus menemukan orang-orang yang ingin menariknya ke bawah. Otak takut kepada reinvention karena mungkin tidak aman.

Secara biologis, otak ingin kita menjadi aman dan reinvention adalah resiko. Jadi akan banyak orang-orang di sekitarmu yang akan mencoba menghentikanmu.

Pelajari cara untuk mengatakan “tidak.”

UU) Bagaimana jika saya senang dengan my cubicle job?
Good luck.

VV) Mengapa saya harus mempercayai Anda – Anda telah gagal berkali-kali?
Jangan percaya pada saya.

WW) Apakah Anda mau jadi mentor saya?
Kamu baru saja membaca posting ini.

 

Source: jamesaltucher.com

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *