Bosan? Apa hubungannya dengan ketrampilan dan tantangan?

Posted at : 18 - 05

- 2014

 

Ada satu framework yang menarik tentang bagaimana kita bisa mengatasi bosan — karena jujur saja, kita tidak terlepas dari merasa bosan. Pertanyaannya, kenapa kita bisa bosan dan bagaimana bisa mengatasinya?

State of Flow. Kalau kata Om Mihály Csíkszentmihályi, ada satu mindset yang disebut dengan FLOW – dimana ada 2 hal yang terjadi ketika kita mengalami FLOW, yaitu engagement dan enjoyment. Engagement artinya kita merasa tertarik dan terkoneksi dengan hal tersebut. Enjoyment artinya kita menikmati hal tersebut. Dan kalau kita ada di state of flow ini, kita jadi terlepas dari rasa bosan (boredom) dan gelisah (anxiety). Yes!!!!

Sekarang pertanyaannya, caranya bagaimana untuk mencapai State of Flow ini?

Balance of Skill & Challenge. Menurut Om Mihaly, ketika ada keseimbangan antara ketrampilan dan tantangan dalam apa yang kita kerjakan, kita ada di State of Flow ini. Yang artinya adalah, kalau kita merasa BOSAN, artinya kita kurang dapat tantangan. Dan kalau kita merasa gelisah, artinya kita stress, gelisah karena skill kita kurang kuat.

Jadi, kalau dalam konteks kerjaan, kalau kita bosan, artinya memang kita bisa lebih proaktif untuk menciptakan tantangan baru dalam pekerjaan itu. Kalau dalam konteks hidup, bagaimana? Coba baca di sini ya 🙂

 

 

 

 

 

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *