Bagaimana cara melatih Life Skills?

No Comment
Bagaimana cara melatih Life Skills?

Unlearners, ada pertanyaan masuk lagi nih!! Bantu jawab yuk! 😀

Pertanyaannya :

Saya masih binggung klo ditanya hobbi. tapi lebih sering memikirkan sesuatu dan membaca. sering-sering tentang diri sendiri spt ada yang salah dalam hidupku dan bacaan saya lebih ke masalah hidup terutama pengembangan diri.

mungkin ada saran bagaimana agar saya bisa berlatih “life skill” atau kecerdasan sosial?

Seperti biasa, teman-teman di theUnlearn Community selalu memberi tanggapan, jadi apa sih tanggapan dari teman-teman kita?

Jawabannya :

Irma Widyaningsih :

Waahh punya hobbi membaca dan pemikir sudah sesuatu yang yang bagus.. Ga ada yang salah, karena apa yang dibaca belum tentu orang lain baca juga.. Ada ilmu di sana. Ada yang (mungkin) nantinya bisa di share ke orang lain.

Suka bacaan mengenai pengembangan diri.. Saya jujur juga suka jenis bacaan seperti ini. Membaca buku jenis ini seperti membawa saya utk bisa kenal dengan orang lain lebih baik.

Dua poin sudah anda punya, bagaimana menjadikan lebih bermanfaat? Mulai terbuka terhadap sosial. Cari wadah yang sesuai dengan minat anda atau yang menurut anda dapat membantu orang lain dengan cara men-sharing apa sudah di baca, berbagi cerita mungkin. hehehehe

Sandra Anggagita :

kalo menurut ane sih belajar life skill tuh bisa darimana aja, mungkin kalo orang nya ekstrovert bisa coba untuk bersosoialisasi dan mencari lingkungan yang baru
kalo orang nya introvert belajar life skill bisa dari film , buku, atau ngobrol dengan temen. ga harus serius juga ngobrol nya yang penting bisa sharing.

Roni Nasrul Huda :

Life skill ya, contoh kecilnya kita bisa cmn hanya sekedar duduk dan “mendengarkan” di satu warkop dan warkop lain.. Klo mau dan ingin bicara ya bicara aja.. Dan klo setelah itu kita berpikir apa yg kita ucapkan td salah, its okay.. Lain kali kita harus menemukan kata yg tepat..

“Make mistake and try to be better”.

CMIIW

Dimastya Yonathan P. :

Mslahny mgkn saya alami jg. Bngung nentuin apa sh hobby saya. Dan mgkn hobbyny beda ama yang lain. Kl yg lain, hobbyny Futsal, mendaki gunung, dgerin musik, blabla.

hobbynya memikirkan sesuatu dan membaca.
Btw, membaca tuh bner2 py kekuatan. Slain kita mnambah ilmu, tp ngbuat kita smkin bnyak ga taunya.
Dan mgkn org yg bnyak membaca suatu buku motivasi dan dpkirin mndalam, mkin ngbuat diriny smkin bnyak kekurangan sana sini. Dan mempengaruhi dlm khidupanny shari2 seh..

Sbnerny gada yg salah dlm hidup, hnya mgkn trlalu dpkirin mndalam.

Umpamanya.. klo kita bli barang harga 1800, lalu kita bayar pake 2000, teorinya kmbaliannya hrusny 200 perak.
Tapi kadang kita dkasi malah 1 permen rasa mangga (hahahhaa)

Jd memang buku brisi pngtahuan2 yg kita ga tau, tp tetep ngjalanin hidup scra santai. Krn hidup bkal ajarin sndri sih life skill dan kcrdasan sosial spti yg diri kita butuhn. Dan Kdang menyimpang dr teorinya.

Itu sih yaa.. Hehhee maaf ya kl ga brbobot, perdana ekspresiin pndapat d Dunia maya ni.
🙂

Bambang F. Indarto :

Kalau gabungan membaca dan berpikir menurut sy malah bagus ya. Sy malah sedang berkebalikan, membaca sudah mulai berkurang dan lbh sering berpikir praktis. Entah karena terpengaruh pekerjaan yg menuntut sy untuk seperti itu. Jd … untuk lbh sering membaca posisinya skr jd cita2… hehehe.. keep on reading 🙂 🙂

Tony Setyawan :

nambahin dikit ya,aku pikir yang dialami si penanya ini lumrah dan pasti terjadi diantara kita,cuman bedanya kita ambil pusing apa tidak.
menggali tentang pengembangan diri itu sangat bagus,tapi jangan terlalu jadi kecil hati bahwa kita ini ternyata tidak bisa apa apa,selalu salah atau whatever.
setiap kita pasti ada kemampuan dan kelebihannya

saya percaya bahwa manusia tidak bisa dirumuskan. introvert ekstrovert hanya sekadar istilah yang muncul dari menganalisa kesamaan beberapa manusia saja.

intinya,kenali diri,terima,dan syukuri dulu diri kita sendiri. seiring dengan itu, pandangan sinis terhadap diri sendiri harusnya berkurang dan berangsur hilang
keep on reading 🙂

Muhammad Wildan :

Saya sependapat sama jawaban mas Roni Nasrul Huda menurut saya kalo kita pengen belajar mengenai life skill pastinya kita harus berani terjun langsung ke masyarakat agar kita bisa interaksi lebih banyak, buat cari ilmunya yaa bisa ikut seminar, pelatihan dll atau di internet banyak hehe.

Khoirina :

Ngomongin life skills ya, theUnlearn sempat buat survei deh. Teman-teman bisa lihat hasil surveinya setelah isi survei tersebut >> http://theunlearn.com/survey-life-skills/

Kalau dari gue, saran untuk melatih life skills itu dengan mengenali diri kita dulu, Kurangnya dimana nih, atau apa yang mau di perbaiki. Contonya ya, gue itu suka mengeluarkan pendapat dan kasih komen atau kritikan gitu. dan sering kali gue gak di dengarkan, jadi supaya bisa lebih di dengar gue mau belajar buat memperbaiki komunikasi supaya lebih efektif. Caranya? ya belajar berkomunikasilah dan terus mengeluarkan pendapat.

Aristiwidya :

Aku ikut menambahkan yaaaa.

Kalau aku belajar life skills dari bbrp hal ini:


1. Berani mencoba hal baru, termasuk berani membuat kesalahan dan kemudian bertanya “Bagaimana agar bisa lebih baik lagi next time ya?” Selalu mencoba keluar dari comfort zone.

2. Self-awareness
Paham apa kekuatan, kelemahan dan tidak menjadikan kelemahan itu penghambat/alasan. Paham values, prinsip, keinginan diri. Jadi memang sering2 reflektif. Rajin2 bertanya ke diri sendiri utk lbh mengenal diri sendiri.

3. Keinginan untuk selalu belajar hal2 baru dan kemudian mempraktekkannya. Karena jangan sampai kita hanya sekedar tahu tetapi tidak pernah melakukannya, sehingga wisdom tdk terjadi. Sampai gue berusaha bertanya ke diri gue sendiri setiap hari “Apa yg gue pelajari hari ini?” Karena gue bisa selalu belajar dari segala situasi dan setiap orang yang gue temui.

4. Paham apa yang dimaksud dengan life skills. Hihihi. Ini pun gue telat tahunya. Khoirina makasih sudah di share link surveynya karena dari situ jd lbh tahu hal2 yg termasuk dalam life skills.

5. Bertanya “bagaimana saya telah menjadi manusia yang lebih baik?” Ah, ini juga yang ga selalu bisa gue jawab. Apakah gue hari ini sudah bermanfaat bagi orang lain? Apakah hari ini gue sudah mengalahkan ego gue? Apakah hari ini gue sudah mencoba mengalahkan rasa takut/malas/benci?

Serunya hidup ya. Setiap hari dan setiap momen itu kita diberi kesempatan untuk “naik kelas”. Dan akhirnya tergantung apakah gue melihatnya dan mengambil kesempatan itu.

Makasih yaaa sudah kembali mengingatkan gue 🙂

Senangnya ada di komunitas ini memang ketika kita bertanya mengenai apapun itu tentang hidup, selalu ada yang menanggapi. Positif dan tidak adanya jugement. The Unlearn juga masih melakukan survey life skills hingga sekarang, kalau kamu mau mengisinya bisa klik disini! 🙂

Teman-teman pembaca, kalau ada yang ingin menambahkan jawaban untuk teman kita boleh banget lho. Melalui kolom komentar ya! Terimakasih 🙂

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *