Apakah kamu yang negatif?

No Comment

 

Terkadang, kita sendiri yang tidak sadar bahwa kita yang membawa hawa neraka ke dunia orang lain. Dan, penuh kebesaran hati untuk bisa mengakui hal ini dan jujur ke diri sendiri.

Waktu pertama kali melakukan quiz ini memang agak mengagetkan, karena ada beberapa hal yang gue gak sadar ternyata gue yang membawa energi negatif.

Coba deh, yuk ngaca sebentar. At least 50% dari hal-hal dibawah gue pun pernah melakukan. Sadar gak sadar.
hawa surga atau neraka

Untuk setiap pertanyaan, cuku jawab: Yes/No. (Siapin catatan dulu.)

1. Apakah kamu sering menemukan bahwa ketika kamu melakukan sesuatu yang baik untuk orang-orang, mereka malah menggerutu? Apakah mereka tampaknya tidak tahu berterima kasih atau tidak kooperatif? Apakah mereka tampaknya enggan untuk menerima kemurahan hatimu? Misalnya, kamu menawarkan untuk menjadi tuan rumah makan malam, tapi sepertinya tidak ada yang menghargai itu.

2. Ketika kamu bergabung dengan sekelompok orang, apakah moodnya suka tiba-tiba berubah? Apakah kelompok itu pergi satu persatu setelah Anda bergabung ?

3. Ketika kamu melakukan sesuatu yang murah hati untuk orang lain, apakah kamu memiliki pikiran bahwa ini akan memungkinkanmu untuk membuat keputusan bagi mereka atau mengarahkan tindakan mereka?

4. Apakah kamu suka merasa bahwa orang-orang males ketemuan dengan kamu, ataupun menjawab telpon/emailmu?

5. Apakah kamu sering bingung ketika orang-orang secara dramatis bereaksi terhadap kesalahan-kesalahan kecil, kelalaian, atau komentar kasual yang kamu buat ? Contohnya, kamu menceritakan beberapa anekdot lucu dari tahun yang lalu, dan semua orang bertindak marah .

6. Apakah kamu sering membela diri dengan mengatakan, “Itu hanya lelucon! ”

7. Apakah menurut kamu penting untuk mengungkapkan perasaanmu yang sesungguhnya dan pandangan otentik, bahkan jika itu berarti menyakitkan orang lain?

8. Apakah kamu menemukan bahwa orang-orang tampak kesal dan marah ketika Anda menawarkan kritik atau saran bermanfaat maupun objektif?

9. Apakah kamu merasakan sulit untuk connect dengan orang lain?

10. Apakah kamu menemukan bahwa bahkan ketika kamu mencoba untuk membantu dengan menjelaskan sesuatu atau memberikan informasi, orang tidak ingin terlihat mendengarkan Anda ?

11. Apakah kamu merasa terganggu karena orang cenderung untuk menolak untuk mengakui pengalaman atau pengetahuan kamu di bidangmu, dan malah mengabaikan saran yang kamu berikan?

12. Apakah orang-orang cenderung untuk mengubah percakapan ketika kamu mencoba untuk menjelaskan pengalaman hidupmu?

13. Apakah orang cenderung bergeng melawan Anda? Contohnya, ketika kamu berdebat satu sisi, setiap orang mengambil sisi lain, atau ketika seseorang mengkritik kamu, orang lain ikut menimpali ?

14. Menurut kamu, pentingkah untuk menunjukkan kembali kesalahan-kesalahan yang dilakukan orang, ketidak mampuan ataupun track record tentang kegagalan?

15. Apakah cukup umum bagi seseorang untuk memberitahumu bahwa dia akan mewakilimu untuk berbicara dengan orang ketiga, sehingga Anda tidak perlu ? Dengan kata lain, apakah orang relawan untuk bertindak sebagai perantara bagi Anda, daripada membiarkan Anda yang bicara sendiri?

16. Apakah kamu pernah merasa bahwa ada teman-temanmu yang males meluangkan waktu hanya berdua denganmu, tetapi don’t mind kalau ramai-ramai?

17. Apakah kamu sering merasa bahwa tidak ada yang bisa memahami kamu? Sepertinya semua orang itu bodoh dan gang up against you. (Bisa di tempat kerja, di keluarga, di antara teman)

18. Apakah kamu sering post di social media mengekspresikan kemarahanmu kepada seseorang tetapi #nomention?

19. Apakah kamu suka merasa orang-orang hanya menghubungi kamu ketika butuh saja?

20. Apakah kamu suka komplain tentang orang-orang di sekitarmu tentang betapa bodoh dan incompetentnya mereka, atau sejauh mana orang-orang tersebut telah merugikan/menyakiti hatimu?

 

 

— jleb, jleb, jleb. Coba deh jujur sama diri sendiri. Gue saja, dengan mudah bisa melakukan 10 hal dari 20 ini. Walaupun ada beberapa yang bisa juga terkait dengan personality ataupun gaya komunikasi kita. However, bisa memberi gambaran sejauh mana damapak kita ke orang lain yang negatif.

Ada tambahan lagi gak dari kamu? 🙂

 

 

Inspirasi: www.gretchenrubin.com

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *