8 Rahasia Sukses

Posted at : 04 - 05

- 2014

Ketika ditanya oleh anak SMA tentang apa rahasia sukses, Om Richard St. John akhirnya mewawancara 500 orang dalam waktu 7 tahun untuk mencari tahu apa sebenarnya yang mengarahkan mereka menjadi orang-orang yang sukses. Dalam video ini, Om Richard merangkumnya.

What’s interesting adalah 8 rahasia ini sebenarnya bukan rahasia. Sebenarnya kita semua sudah tahu rahasia sukses ini. Tapi kok, rasanya lebih banyak yang ‘belum sukses’ dibandingkan yang ‘sudah sukses’ ya?

1. Passion
Melakukan sesuatu karena cinta dan bukan karena uang. Bisa dibilang cliche karena kita sering sekali mendengar nasehat ini. Tetapi kita uang belum ada dan uang sudah habis, yang bisa terus mendukung kita memang cuma satu: passion, energi, antusiasme ini sendiri. Sering kali passion saja tidak cukup, itu sebabnya ada 7 hal lagi yang perlu kita kuatkan.

2. Work
Tidak hanya sekedar bekerja keras, tetapi juga having fun ketika bekerja. Put in your time. Put some fun in it. Do your best! Karena kalau kamu pernah membaca 4 Agreements, doing your best artinya menikmati ketika melakukannya juga.

3. Good
Kata kasarnya, “Get damn good at it!” Atau seperti kata Steve Martin, “Be so good they can’t ignore you” di buku yang ditulis oleh Cal Newport. Karena sekedar passion saja tidak cukup kalau tidak didampingi ketrampilan/kompetensi yang handal. Naaah, lucunya juga, untuk menjadi seorang expert, berdasarkan buku the Outliers yang ditulis oleh Malcolm Gladwell kita butuh mengasah ketrampilan sebanyak 10,000 tahun untuk menjadi expert. Itu kurang lebih 10 tahun. Naaah, maukah kita kerja keras untuk 10 tahun untuk menjadi expert?

4. Focus
Fokus ke 1 hal saja. Yes 1. Karena kebanyakan dari kita itu BM – Banyak Maunya – jadi susah fokus. Padahal kalau ditanya, “Apa satu hal yang kamu sangat-sangat-amat inginkan untuk capai dalam 1 tahun ke depan ini,” menjawabnya juga belum tentu jelas dan dengan percaya diri.

5. Push
Mendorong diri keluar dari segala zona nyaman ataupun rasa takut. Dari rasa malu, rasa tidak percaya diri, rasa khawatir, dan lain sebagainya. Baik mendorong diri sendiri ataupun adanya orang lain yang mendorong diri kita. Lucunya, setiap kali kita mendapat dorongan (apalagi yang berupa tantangan) kecenderungan kita malah mundur, menolak, mengeluh dan meratapi nasib. Ehm. (Termasuk gue)

6. Serve
Melayani orang lain dengan memberikan value – nilai tambah – manfaat. Kalau memang cita-cita ingin jadi orang kaya, mari kita bertanya, sejauh mana kita membuat orang lain juga menjadi lebih “kaya” — dengan berbagai macam definisi kaya. Padahal, kalau pas interview kerjaan, kita lebih banyak menuntut dan hitung-hitungan kontribusi.

7. Ideas
Memiliki ide yang kuat. Yang jelas. Yang inovatif. But most of all, kita sendiri percaya terhadap ide tersebut. Bukan hanya sekedar mimpi yang ngawang-ngawang tetapi adanya determinasi untuk menjadikan ide itu realita. Coba baca ini untuk mendapatkan gambaran untuk ide kamu 🙂

8. Persist
Yang namanya gagal itu tidak bisa dihindari. Sama juga kritik, penolakan, orang-orang yang tidak mendukung dan juga tekanan dari mana-mana. Pertanyaannya, kita akan terus gigih atau menyerah? Ini yang sering juga disebut dengan mental toughness, do you have it?

Now… menurut kamu, yang mana yang perlu kamu asah untuk menjadi sukses? Yang mana kekuatan kamu? Yang mana yang masih terus harus diperkuat?

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *