ARTICLES Career Self & Growth

7 Tipe Motivasi Manusia

March 24, 2013

Bila kita tahu apa yang membuat kita merasa senang, puas dan fulfilled, kita akan lebih mudah memilih pekerjaan atau profesi apa yang paling cocok untuk kita. Anne Dranitsaris, PhD (Oprah.com) merumuskan 7 tipe keinginan/motivasi yang mendasari setiap tindakan kita. Untuk mengetahui kamu tipe yang mana, silahkan ambil Quiznya di sini dulu.

7 tipe ini bisa kita gunakan untuk lebih memahami kita orangnya seperti apa, apa yang harus kita perhatikan tentang diri kita dan apa yang kita bisa lakukan agar lebih happy 🙂

1. Striving to help – Keinginan untuk membantu

Kamu adalah seorang yang penuh kasih sayang: Kamu selalu menunjukkan kepedulian dan dukungan pada orang lain di setiap situasi, terhadap orang-orang yang dekat denganmu dan juga saat kamu bekerja. Pada dasarnya kamu memang bukan orang yang egois, sehingga seringkali kamu sudah siap sedia memenuhi kebutuhan orang lain, bahkan saat mereka belum meminta bantuanmu. Memperhatikan orang lain membuatmu merasa puas dan bahagia.

Apa yang harus diperhatikan: Kalau kamu melakukan banyak hal untuk orang lain hanya agar merasa hidupmu berarti, suatu saat kamu bisa menjadi marah atau tersinggung saat merasa bantuanmu tidak dihargai oleh orang lain. Jadi, sebelum banyak meluangkan waktumu untuk orang lain, pastikan bahwa kebutuhanmu sendiri sudah terpenuhi (kebutuhan fisik, emosional, spiritual). Jangan terlalu reaktif juga, tapi cobalah menunggu hingga seseorang benar-benar membutuhkan bantuanmu, karena meskipun mereka mungkin memang membutuhkan sesuatu tapi belum tentu mereka ingin kamu yang melakukannya.

Apa yang bisa dilakukan: Rasanya kamu bisa mulai mengarahkan kepedulian dan semangat melayani yang kamu miliki ke arah yang lebih jauh dan untuk tujuan yang lebih besar. Untuk kegiatan sosial, kamu bisa mempertimbangkan untuk menjadi relawan di panti asuhan, panti jompo, atau penampungan hewan setempat. Untuk karir kamu bisa menjadi personal assistant, perawat, guru, customer service, bekerja di bidang pengobatan, dan sosial. Tidak perlu merasa tertekan bila kamu merasa tidak ingin menjadi pemimpin proyek atau membuat usaha sendiri (yang biasanya menjadi impian banyak orang). Karena kamu memang suka dan bisa bekerja lebih efektif justru saat bekerja dengan orang lain atau menjadi orang kepercayaan dari sang bos besar.

 

2. Striving to be recognized – Keinginan untuk diakui

Kamu adalah seorang yang peduli pada pencapaian (achiever): Kamu seorang pekerja keras, ambisius, dan kompetitif. Tidak heran bila kamu sering terlihat bekerja tanpa lelah untuk mencapai tujuanmu dan memastikan orang lain juga tahu bahwa itu adalah hasil kerjamu. Dorongan untuk sukses yang kamu miliki ini diarahkan juga kepada keluargamu, sehingga kamu juga mengerahkan energimu untuk membantu mereka agar bisa hidup dengan memenuhi standar dan ekspektasi yang telah kamu tetapkan. Selain itu, kamu juga memiliki kemampuan berdiplomasi dan dibekali kharisma yang menawan sehingga mudah menginspirasi orang lain.

Apa yang harus diperhatikan: Kamu memiliki kecenderungan untuk menjadi workaholic, yaitu terlalu fokus pada upaya untuk menjadi sukses sampai tanpa sadar mengorbankan kehidupan pribadimu. Karena kamu terdorong untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain, kamu mungkin bisa mendapati dirimu berusaha tampil semaksimal mungkin dan sangat menjaga image (jaim) di depan orang lain. Berhati-hatilah jangan sampai perilakumu terasa palsu bagi orang lain. Untuk mengontrol ambisimu, berusahalah terlibat dalam aktivitas kelompok yang membutuhkan kerja sama dengan orang lain dan coba belajar mendengarkan keinginan orang di sekitarmu serta berbagi kesempatan dengan mereka.

Apa yang bisa dilakukan: Kamu senang bekerja di tempat yang memiliki jenjang karir yang jelas karena kamu jadi bisa mengukur setinggi apa posisimu saat ini dan memperkirakan keuntungan apa saja yang bisa diperoleh dari posisi tersebut. Beberapa contoh profesi yang bisa jadi pilihan misalnya menjadi artis, entrepreneur, sales person, dan politisi. Selain itu coba seimbangkan juga antara ambisi profesional dan personalmu, seperti ikutan lomba marathon, pertandingan tennis, bersepeda keliling Pulau Jawa, bergabung dalam tim debat, memasukkan kucing ras kesayangan ke cat show, dll. Pokoknya apapun yang bisa kamu menangkan akan membuatmu senang.

 

3. Striving to be creative – Keinginan untuk menjadi kreatif

Kamu adalah seorang seniman: Kamu seakan dilahirkan dengan segudang kreatifitas dan keinginan untuk berkarya. Mungkin kamu senang melukis, atau main alat musik flute, atau membuat puisi. Apapun itu, kamu adalah seorang yang orisinil, dan kamu tahu itu. Bahkan ketika kamu tidak merasa memiliki bakat tertentu, kamu sangat tertarik pada kesenian dan memiliki sudut pandang yang unik terhadap dunia. Kamu membutuhkan relasi sosial yang mendalam dengan orang lain, yang bisa berubah menjadi menyenangkan atau menyebalkan tergantung apakah pasanganmu juga memiliki pandangan yang sama atau tidak. Kamu tidak terlalu peduli dengan pandangan orang lain terhadap dirimu, karena kemandirian dan intusimu yang tajam mendorongmu untuk menapaki jalanmu sendiri.

Apa yang harus diperhatikan: Saat kamu merasa hal-hal yang mainstream / populer bisa mempengaruhi kreatifitasmu, kamu terdorong untuk melihat dirimu sebagai orang yang berbeda dengan orang kebanyakan, dan ini bisa membuatmu merasa terasing. Kondisi ini mungkin sebenarnya respon atas dirimu yang sedang merasa rentan. Kamu perlu menyadari bahwa menyalahkan orang lain atau menghindar dari orang-orang yang ingin dekat denganmu malah membuat semuanya menjadi lebih buruk. Selain itu, terlalu mendramatisir emosi juga bisa mempengaruhi kreatifitasmu.

Apa yang bisa dilakukan: Selama kamu bisa mengekspresikan dirimu secara bebas dan apa adanya, kamu merasa hidupmu sudah terpenuhi. Dengan kreatifitasmu kamu bisa menjadi seorang chef atau arsitek, atau menjadi seniman pelukis atau pematung. Bentuk pekerjaan seperti periklanan atau public relation juga banyak membutuhkan kreatifitas dan imajinasi. Terlepas dari pekerjaan, ada banyak kesempatan yang bisa kamu ambil untuk menyalurkan bakatmu, seperti mendesain perhiasan atau pakaian, menciptakan blog yang kreatif, atau bahkan menggambar komik. Selain itu, menjalin hubungan dengan orang lain juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan diri.

 

4. Striving to be spontaneous – Keinginan untuk menjalani hidup dengan spontanitas

Kamu adalah seorang petualang: Fokus pada tindakan, selalu ingin tahu, lepas, dan dengan semua karakteristik itu kamu hidup untuk merasakan banyak hal baru. Kamu tidak takut mengambil resiko dan tidak takut gagal. Kamu tampak tidak bisa diam dan punya kecenderungan berganti-ganti pekerjaan atau memilih bidang yang banyak memberi tantangan buatmu. Kamu senang menjadi pusat perhatian dan menghibur orang lain, serta dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Kamu mudah mendapatkan banyak teman baru, namun di sisi lain mungkin kamu tidak terlalu mementingkan komitmen atau membangun hubungan mendalam dengan orang lain.

Apa yang harus diperhatikan: Saat kamu tidak bisa memuaskan keinginanmu untuk melakukan sesuatu yang baru dan menarik, kamu bisa merasa terperangkap dan jadi terpancing untuk melakukan hal-hal yang impulsif dan berdampak negatif, seperti mengkonsumsi alkohol, menggunakan narkoba, memutuskan hubungan dengan pasangan, dan tidak peduli lagi pada tanggung jawab finansial. Cobalah untuk menghargai hal-hal atau kebiasaan yang bersifat rutin. Kalau bisa melakukannya, kamu juga akan lebih bisa mengontrol keinginan untuk “bebas”. Saat ada kesempatan baru yang membuatmu penasaran, coba diingat bahwa sesuatu yang tampak menarik belum tentu yang terbaik untukmu.

Apa yang bisa dilakukan: Hidup terasa berarti selama kamu masih merasa tertantang untuk melakukan banyak hal, seperti naik gunung, mengeksplorasi daerah terpencil, mengambil sertifikasi terapi seni, atau menjadi astronot. Atau dalam bentuk yang lebih sederhana, membaca buku baru, mengikuti seminar keterampilan, atau terhanyut dalam cinta yang membara juga bisa membuatmu bahagia. Sebagai seorang yang punya banyak energi dan tidak takut mengambil resiko, kamu cocok menjadi entrepreneur. Kamu bisa lebih bahagia bila berganti pekerjaan secara berkala, atau banyak traveling. Perubahan dan pergerakan adalah hal-hal yang membuatmu hidup.

 

5. Striving to be knowledgeable – Keinginan untuk terus belajar

Kamu adalah seorang intelektual: Bila kamu seorang pemimpin, kamu biasanya berpikir jauh ke depan. Kalau kamu seorang karyawan, kamu selalu berusaha melampaui tingkat kompetensi yang dimiliki rekan-rekan selevel, dan bahkan yang lebih tinggi lagi. Dengan bermodalkan rasa ingin tahu dan ketajaman berpikir yang dimiliki, kamu ingin bisa memahami proses kerja yang ada. Kamu bisa betah menghabiskan waktu mengulik permasalahan atau berusaha memahami cara kerja suatu benda. Di sisi lain, kamu menganggap penting keluarga dan teman, namun merasa tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk bersama mereka. Kamu tidak terlalu peduli pada pengakuan sosial karena kamu sudah merasa nyaman selama punya banyak kesempatan belajar.

Apa yang harus diperhatikan: Saat merasa peluangmu tipis untuk menjadi seorang yang ahli di bidangmu, kamu mungkin berusaha menarik diri atau menahan informasi sehingga tampak sebagai orang yang sombong atau arogan. Kalau kamu mulai merasa demikian, cari bantuan teman yang dapat menarikmu kembali ke kondisi yang netral. Karena kamu sangat menyukai aktivitas berpikir dan memecahkan masalah, seimbangkan juga dengan melakukan berbagai aktivitas fisik seperti jogging, hiking, atau menari.

Apa yang bisa dilakukan: Kamu menemukan jati dirimu melalui akumulasi pengetahuan dan insight, jadi coba ikuti rasa ingin tahumu. Apakah kamu sedang ingin mempelajari bahasa mandarin? Mendalami filsafat? Mempelajari meditasi? Menulis buku sejarah? Atau belajar computer programming? Apapun itu, tak ada salahnya mencoba mendalami minatmu dan jadilah seorang ahli disana. Setiap situasi yang memungkinkanmu untuk bekerja sendiri dan memberi ruang kebebasan untuk melakukan penelitian dan menciptakan inovasi membuatmu bersemangat.

 

6. Striving to be secure – Keinginan untuk mendapatkan rasa aman

Kamu adalah seseorang yang menginginkan kestabilan: Kamu bagaikan batu yang berada di tengah badai, menjadi tempat bertumpu bagi orang lain. Loyal dan berkomitmen pada hubungan yang kamu miliki, dan kamu sangat menjaga orang-orang yang kamu kasihi. Kamu memperlakukan uang dengan hati-hati, lebih menyukai hal-hal yang familiar, dan berusaha mempertahankan tradisi yang kamu anggap penting.

Apa yang harus diperhatikan: Kamu kesulitan menghadapi situasi yang mudah berubah. Bila kamu merasa kewalahan menghadapi situasi yang tidak stabil, kamu bisa terpuruk dan berpikir bahwa hidupmu akan terus bertambah buruk. Kamu juga bisa menjadi sangat kaku dan mau mengontrol semuanya, menolak ide atau saran yang tidak sesuai dengan keinginanmu. Untuk menghindari agar tidak jadi terlalu kaku, setiap bulan cobalah mengubah satu kebiasaanmu seperti bereksperimen menggunakan pakaian yang berbeda, pergi ke kantor lewat jalan yang berbeda, atau mencoba mengobrol tenteng hal-hal yang jarang kamu bicarakan. Dan bila suatu saat ada kesempatan untuk mencoba sesuatu yang baru, coba tahan untuk tidak langsung menolaknya. Pada awalnya hal ini mungkin membuatmu stress, tapi semakin sering kamu berlatih, rasa cemasmu juga akan semakin berkurang.

Apa yang bisa dilakukan: Kamu menemukan makna dibalik hal-hal yang pasti. Fokus pada keluarga memberikan banyak kepuasan untukmu. Kamu mungkin menyukai aktivitas berkebun, jadi panitia reuni sekolah, atau mengajar di komunitas setempat. Di dunia kerja, coba cari posisi yang memungkinkanmu bertanggung jawab terhadap orang lain, dan bisa memastikan setiap orang mengikuti peraturan. Kamu bekerja maksimal pada kondisi yang konsisten dan stabil. Kamu mungkin bisa mempertimbangkan karir menjadi pegawai negeri, bagian keuangan, militer, atau menjadi penegak hukum.

 

7. Striving to be in control – Keinginan untuk mengontrol

Kamu adalah seorang pemimpin: Kamu bersikap seakan kamu memang dilahirkan untuk menjadi pemimpin. Percaya diri, asertif, dan tak ragu membuat keputusan, kamu tahu apa yang kamu inginkan dan berusaha meraihnya. Kamu juga memperhatikan keluarga, teman, dan komunitas – kamu merasa tahu apa yang terbaik untuk mereka – dan tak ragu menghadapi orang-orang yang memiliki pendapat berbeda denganmu. Kamu juga bersedia menyediakan waktumu untuk melakukan berbagai kegiatan di lingkungan sekitarmu.

Apa yang harus diperhatikan: Saat merasa terancam atau saat orang lain tidak mau mengikuti keinginanmu, kamu bisa bersikap dominan dan cenderung diktator pada mereka. Kamu perlu berlatih memberikan kesempatan pada orang lain untuk memimpin. Kamu juga bisa mencoba meditasi agar lebih sadar dalam mengontrol dorongan dan kecemasan yang mungkin muncul.

Apa yang bisa dilakukan: Kamu menemukan tujuan hidupmu saat bisa memegang kontrol atas lingkungan sekitarmu. Kamu berusaha mencapai posisi dimana bisa menjadi pembuat keputusan. Kamu bisa mencoba menjadi sutradara film, atau memimpin kampanye tentang suatu topik yang penting bagimu. Di pekerjaan, kamu cocok menduduki posisi pemimpin di di berbagai institusi terkait pendidikan, pemerintahan, industri, keuangan, keagamaan, atau politik. Pokoknya, kamu akan senang setiap diberikan kebebasan untuk melakukan suatu pekerjaan dengan caramu sendiri.

 

  • Reply
    lucyana
    June 15, 2013 at 10:33 am

    saya adalah tipe Striving to help – Keinginan untuk membantu.
    semoga saya semakin termotivasi untuk masuk dalam organisasi kemanusiaan pada khususnya

  • Reply
    fandhy
    October 28, 2014 at 11:13 am

    Saya termasuk orang yang ingin diakui :)))

    • Reply
      The Unlearn Team
      October 31, 2014 at 10:20 am

      hihihi, ciyeeee. keliatan dari tulisan di blog-nya siiih. btw, tulisannya keren lho. ijin share di website theUnlearn ya 🙂

  • Reply
    Asrida saskia
    September 7, 2015 at 1:47 am

    Saya orang yang berkeinginan untuk kreatif >_< impian jd ahli pastery tp kuliah arsitektur :,( galau

  • Reply
    Mardhiyatul Utami
    April 27, 2018 at 9:45 pm

    Terimakasih banyak. . Artikel ini sangat membantu saya untuk mengetahui apa yang harus saya lakukan. 😆😆😆

Leave a Reply