ARTICLES Happiness Life Success

7 pertanyaan yang bisa membuat ini tahun terbaik

November 29, 2013

Kalau kata Gordon Ramsey di Master Chef, “it’s not about how you start, but how you end it.” Yes, awal bisa semangat. Di tengah-tengah bise kesandung atau ditabrak tembok. Tetapi di akhir ini, terutama di akhir tahun ini, apa yang bisa membuat tahun ini tetap menjadi tahun terbaik kamu?

Bagi saya dan beberapa teman saya, tahun ini telah menjadi salah satu tahun terberat. We call it #shityear, saking banyaknya kejadian-kejadian yang bisa dianggap shitty, seperti:

– Failed plans – hal-hal yang sudah di plan tidak berjalan sesuai rencana.
– Circumstances – tiba-tiba ada kejadian yang mengharuskan kita ganti arah dengan terpaksa dan mempertanyakan nasib.
– Shit happens – dan adaaaa aja kejadian yang tidak menyenangkan yang bikin kita stress, frustrasi, kesel, bete, dsb.

Yes, shit happens. Yes, life happens. Tapi life itu bukan shit. Walau kesannya ketika bilang ‘life happens’ kesannya life itu sesuatu yang buruk-buruk saja. Jarang banget kita mendengar orang yang menang lotere trus bilang, “Yes, life happens.” Maybe, kita sendiri yang gak sadar turn this life into shit.

 

So, we’ve had a tough year. 11 bulan telah berlalu. Masih ada 1 bulan lagi, ada pilihan:

a.Yah, sudahlah tanggung, pasrah saja. Sebentar lagi juga tahun baru. Lembaran baru. Semoga lebih baik lagi.
b.Hmm, masih ada 1 bulan lagi. Gue masih bisa mengubah tahun ini menjadi keren.

Kalau kau pilih “b.” ada 7 pertanyaan yang bisa membantu kamu mengubah tahun ini menjadi tahun yang paling keren.

 

Tunggu dulu, kenapa 7 pertanyaan dan bukan 8 tips? Karena maybe, selama 1 tahun terakhir ini, tahun ini menjadi shitty karena kamu menanyakan pertanyaan-pertanyaan yang salah, seperti:

-Kenapa sih hal-hal buruk ini selalu terjadi ke saya?
-Ada masalah apa lagi sih yang mesti saya lalui?
-Kenapa nasib saya jelek banget sih?

Life is not about getting the right answer, but asking the right question.

 

So, ini dia 7 pertanyaaannya:

 

1.How have you become BETTER?
Mungkin kamu tidak bisa melakukan/mendapatkan apa yang kamu inginkan, tetapi dari semua yang telah terjadi, bagaimana dirimu telah menjadi lebih baik? Telah naik kelas?
2.What are you most proud of?
Kalau kamu boleh bangga dengan diri sendiri, kamu BANGGA dengan diri kamu sendiri karena apa? Ada teman dekat saya menjawabnya susah, lalu saya coba balik bertanya ke dia: “Kalau saya yang mengalami apa yang kamu alami tahun ini dan melakukan apa yang kamu lakukan, apakah kamu akan bangga dengan saya? Karena apa?”
3.What are you most grateful for?
Apapun yang terjadi, ada tidak hal-hal yang kamu benar-benar syukuri? Bisakah kamu melihat ‘the blessing in disguise’? Kalau belum ada juga, kalau kamu ingin bersyukur, hal-hal apa saja yang ingin kamu syukuri?
4.What are most excited about?
Ada past, present, future. Melihat ke depan, apa hal-hal yang membuat kamu excited, semangat, passionate? Kalau belum ada juga, kalau ada hal-hal yang bisa membuat kamu excited, apakah hal-hal tersebut?
5.What are your 3 strategies?
Kalau ada 1, 2 atau 3 hal yang bisa kamu lakukan  di satu bulan terakhir ini untuk membuat kamu MERASA bangga, bersyukur ataupun excited, apakah itu? Then do it! You have 1 month left. Baik itu memaafkan orang lain, letting go of drama, membaca buku atau melakukan kegiatan yang sudah lama kamu tunda, donasi barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi, menyumbang ke panti asuhan, kembali berolah raga. Whatever. Just do it!
6.Who are your angels?
Siapakah orang-orang yang benar-benar ADA, mendukung kamu atau telah menjadi inspirasi kamu tahun ini? Kalau kamu peka, setiap tahun pasti ada saja orang-orang yang telah mengubah hidup kita menjadi lebih positif. Siapa di kehidupan kamu? Kalau kamu mau, coba benar-benar ucapkan terimakasih ke orang-orang tersebut. They have been your angels this year. Aren’t you lucky!

7. What are you most looking forward to?
Kalau ada 1 hal yang kamu benar-benar ingin terjadi, lakukan di tahun depan, apakah itu?

 

Kalau kamu bisa menjawab 7 pertanyaan ini, coba perhatikan RASA di dalam diri kamu. Are you feeling more alive? This year’s aint so bad after all, right? Tahun ini sebenarnya keren banget karena telah memaksa kamu naik kelas – yang selama ini mungkin kamu abaikan. Tahun ini bisa menjadi tahun terbaik, karena di akhir tahun ini kamu mulai benar-benar meRASA hidup. To feel really alive, no matter what happens to you.

    Leave a Reply