7 Hal yang dilakukan orang yang bersyukur

No Comment
7 Hal yang dilakukan orang yang bersyukur

Tidak bisa dipungkiri, Kepuasan batin itu terjadi ketika bisa bersyukur atas pengalaman hidup, entah itu pengalaman baik, buruk, kekalahan, kemenangan, kegagalan atau keberhasilan sekalipun. Bersyukur, hidup kamu begitu berharga kok! 🙂

Rasanya begitu menyenangkan ketika kita ada di antara orang-orang yang begitu menghargai apa yang mereka miliki, dan dapat lebih bersyukur tentunya. Sebenarnya kamu juga bisa lebih menghargai hidupmu dengan bersyukur, Kamu pun tidak perlu memberikan upaya yang begitu besar untuk itu, cukup bersyukur aja. Tidak mudah, tapi pasti bisa.

1. Tidak membandingkan diri dengan orang lain.

Gampang banget kan kalau kita melihat orang lain, terus dalam hati berkata “andai saja gue jadi dia….” atau “kalau saja gue seberuntung dia…” tetapi apa sih gunanya? Berfokus pada orang lain, apakah itu akan mengubah diri kita? Orang yang bersyukur akan berfokus pada apa yang dimilikinya dan terus melanjutkan semuanya dengan baik.

2. Menerima ketidaksempurnaan

Untuk mengakui bahwa diri kita tidak sempurna bukanlah hal yang mudah, apalagi ketika kita melihat orang lain, oh melihat orang lain lagi. Lalu seperti melihat orang lain bisa segalanya dan begitu sempurna. Padahal belum tentu juga. setiap kita memiliki kekurangan, pertanyaannya apa hal-hal yang bisa kita lakukan untuk bisa menjadi lebih baik.

3. Menjalin ‘hubungan’ baik

Karena kita adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Tidak ada salahnya kan kalau kita menjalin hubungan baik dengan orang lain. Meluangkan waktu untuk keluarga, menjaga silaturahmi dengan teman-teman lama ataupun menemukan orang-orang baru yang bisa diajak berteman. kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi pada diri kita, bisa jadi saat kita susah nanti akan ada teman yang membantu. Ini kita bisa mulai dari menjalin hubungan baik dan berteman.

4. Tidak mengeluh

Terkadang kita lebih mudah mengingat hal buruk yang terjadi dibandingkan dengan hal-hal baik yang ada. Coba saja hitung dalam sehari berapa bayak hal-hal baik yang datang tapi kita menanggapinya biasa saja, namun ketika hal satu hal buruk datang keluhan panjang lebar yang keluar dari dalam diri. Seperti Arum yang menuliskan hal-hal yang bisa disyukuri setiap hari, kita bisa coba ini. Agar lebih banyak bersyukur daripada mengeluh.

5. Tidak mengabaikan hal yang terjadi disekitar

Seperti hal-hal baik yang terlewat begitu saja, melewatkan pelajaran-pelajaran yang bisa didapat dari hal kecil sekalipun. Kita tau dengan menghargai setiap hal yang terjadi bisa membuat kita mendapatkan pelajaran baru yang akan membantu kita menjadi manusia yang lebih baik. Karena hidup terus berjalan, banyak yang bisa ditemui dan sayang sekali jika banyak hal yang terlewati begitu saja.

6. Tidak merasa hidup sendirian

Pernah merasa kesepian diantara berjuta manusia yang ada dibumi? itu cuma perasaanmu saja yang kadang ingin lebih diperhatikan oleh orang lain. Siapa juga yang gak butuh perhatian, kita ingin diperhatikan, ingin di dengarkan tapi apakah kita sudah memperhatikan? sudah menjadi pendengar yang baik? Orang yang bersyukur tau, bahwa ia tidak pernah sendirian. Karena pasti ada orang yang bisa diajak berbagi disekitarnya.

7. Tidak ‘mengasihani’ diri sendiri

Setelah hal buruk terjadi terkadang kita gak sadar bahwa kita sedang mengasihani diri kita sendiri, menjadikan diri kita sebagai korban atas hal buruk yang menimpa. Bersedih boleh saja, tapi bukan berarti mengasihani diri sendiri dan lama meratapi hal buruk yang terjadi. Karena setiap hal buruk yang terjadi pasti ada pelajaran baik yang bisa didapat, mengasihani diri sendiri hanya akan membuatmu sedih berkepanjangan.

 

Kalau kamu orang yang bersyukur, hal-hal apa saja yang kamu lakukan untuk bersyukur? share dengan kami ya, thank you! 🙂

Terinspirasi dari : Life Hack

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *