7 Cara untuk mencintai diri sendiri

4 Comments
7 Cara untuk mencintai diri sendiri

Learn to love yourself first, instead of loving the idea of other people loving you.

-Marc Chernoff

Beberapa hari yang lalu artikel theUnlearn tentang 6 pertanyaan untuk mengenali diri sendiri jadi Hot Thread di KasKus, lalu mendapatkan banyak komentar dan yang berkomentar menyatakan sebagian besar dari mereka belum bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Memang meski hanya ada 6 pertanyaan pun bukan berarti mudah menjawabnya, ketika kita belum benar-benar yakin pun ini menunjukan bahwa kita belum benar-benar mengenali diri kita sendiri.

Belajar untuk berteman dengan diri kita sendiri, Belajar untuk mencintai diri sendiri, lalu belajar untuk menganali diri kita sendiri. Kalau kita gak bersahabat dan mencintai diri kita sendiri bagaimana kita bisa mengenali diri kita? bagaimana kita bisa mengetahui apa maunya kita?

Gak mudah memang, tapi bukan berarti gak bisa. Terkadang kita terlalu mudah untuk mendengarkan pendapat orang lain, menerima semuanya tanpa menyaringnya terlebih dahulu, sehingga kita menjadi stress sendiri dan kita lupa untuk mencintai diri kita.

Karena perjuangan terbesar dalam hidup adalah perjuangan untuk menerima, menerima dan mencintai diri sendiri. Dengan semua ketidaksempurnaan kita apakah kita sudah mencintai diri kita sendiri? Coba deh untuk mencintai diri kita sendiri, maka nanti kita akan mengenali diri kita sendiri.

Beikut ini 7 cara yang bisa kamu coba untuk mulai mencintai dirimu sendiri.

1. Jujur dengan diri sendiri tentang apa yang sebenarnya kita sukai.

Untuk jujur sama diri sendiri itu sebenarnya hal sepele yang kita semua bisa lakukan. tapi jadi gak mudah ketika kita selalu mendengarkan dan takut terlihat buruk dimata orang lain. Misalnya kita suka warna pink, tapi karena takut terlihat buruk dan aneh dimata orang lain jadi kita bilangnya suka warna hitam. nah lho! dan lucunya untuk banyak hal ini sering kali terjadi tapi kita gak sadar juga bahwa kita suka membohongi diri sendiri. Bagaimana mau mencintai diri sendiri, gimana mau mengenali diri sendiri kalau kita aja masih suka membohongi diri kita sendiri.

2. Lupakan tentang rasa takut, ambil keputusan, dan terima hasil atas apa yang kita lakukan.

Untuk mendapatkan apa yang kita mau tentunya kita harus mengambil keputusan. Yaiyalah mengambil keputusan, kalau gak mengambil keputusan dan gak melakukan sesuatu mana bisa kita dapetin apa yang kita mau. Kalau dalam mengambil keputusan kita melakukan kesalahan itu menunjukan kita sedang melewati proses, kita terus bergerak untuk mendekat dengan apa yang kita inginkan. Mana yang lebih baik jika kita diam karena takut dan tidak melakukan apa-apa. Banyak kok orang yang sadar dengan lah ini, takut mengambil keputusan, takut membuat kesalahan, takut terlihat jelek. Karena kamu tidak benar-benar mencintai dirimu sendiri kalau kamu tidak melakukan hal yang sebenarnya ingin kamu dapatkan.

“Kamu tidak akan pernah tahu keputusan kamu benar atau salah. Tapi selama kamu bisa mengubah itu menjadi sesuatu yang baik, itu tidak pernah jadi sebuah kesalahan.”
 .

3. Memaafkan kesalahan dimasa lalu.

Bukan masalah kalau kita mengingat kesalahan dimasalalu untuk diambil pembelajarannya agar kita gak mengulangninya lagi dimasa sekarang, tapi kalau mengingat terus kesalahan dimasa lalu jadinya gak sehat juga. Banyak dihantui rasa bersalah akhirnya bikin stress juga kan. Memaafkan kesalahan yang kita buat bukan berarti harus melupakan, salah satu cara mencintai diri sendiri adalah dengan kita bisa memaafkan diri kita. Apapun yang kita lakukan, kesalahan apapun itu, terima dan bertanggung jawablah.

4. Percaya pada kemampuan diri, bahwa kita bisa mendapatkan apa yang kita mau.

Karna gak ada yang gak mungkin, semuanya bisa saja terjadi kan. Yang perlu diperhatikan adalah tentang hal apa yang kita ingin dapatkan/capai. Identifikasi, lebih spesifik, bagaimana cara mencapainya. Seberapa percaya diri kita bahwa kita pantas untuk mendapatkannya, daaaannnn kalau kita gak percaya dengan kemampuan diri itu termasuk rendah diri.

5. Berhenti merendahkan diri sendiri.

what? gimana bisa kita merendahkan diri sendiri? kalau kamu suka bilang “duh gue bego banget ya.” “gue rasa gue gamungkin bisa nih.””gue gatau deh gue harus apa dan bagaimana.” dan lain-lainnya self-talk sejenis itu, itu menandakan kita sedang merendahkan diri kita sendiri, yang berarti kita gak percaya akan kemampuan dan power yang kita miliki. Kalau kita sendiri gak yakin dengan diri kita sendiri bagaimana mau berhasil. Kalau kita gak yakin dengan diri kita, bagaimana orang lain akan yakin dengan kemampuan yang kita miliki. kalau kita merendahkan diri kita sendiri apakah itu artinya kita sudah mencintai diri kita sendiri?

6. Belajar menerima pujian yang diberikan orang lain.

Ini gak mudah, tapi gak sulit juga. Sadar gak sih kalau kita itu sering kali menolak pujian yang diberikan orang lain, contohnya ya ketika kita dipuji orang kita malah bilang “ah nggak kok, biasa aja.” atau ada juga yang malah mempertanyakan kembali seperti “oh ya? masa sih?” nah ituuu, coba deh belajar untuk menerima pujian dengan baik, karena ada perbedaan antara rendah hati dan rendah diri. Kalau menolak dipuji itu rendah diri. nah lho, jadi rendah diri kan *baca point ke-5* 😉

7. Melakukan kebiasaan-kebiasaan yang membuat kamu bahagia.

Coba deh tanyakan ke diri kamu sendiri, apa hal simple yang bisa buat kamu tersenyum. Minum kopi, menyerap matahari pagi, bangun lebih cepat, berolahraga, menonton film, dan apapun itu yang membuatmu happy. Coba deh dilakukan, setidaknya satu hal dalam sehari dan buat kebiasaan untuk menjadi happy 🙂

Sejauh ini kamu sudah merasa mencintai diri kamu sendiri belum? atau sudah mengenali diri kamu sendiri? Kalau jawabannya belum, tanya deh, Apa sih yang bisa kamu lakukan untuk mencintai dan mengenali diri kamu terlebih dulu? Ada ide-ide lain gak untuk ditambahkan di list cara untuk mencintai diri kita sendiri? kalau ada, share dengan kami ya. Thank you! 😉

 

 

Inspirasi : Marc and Angel

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

4 Comments

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *