5 Cara Mengubah Sikap Agar Lebih Baik

1 Comment
5 Cara Mengubah Sikap Agar Lebih Baik

Attitude is a little thing that makes a big difference.

Terkadang kita hanya menginginkan situasi atau orang lain disekitar kita berubah, tanpa pernah berpikir tentang diri kita yang harus berubah. Ini termasuk salah satu point di Artikel tanda-tanda orang negatif tapi gak sadar. Karena dunia gak akan berubah kalau kita sendiri gak berubah.

Mulai dari hal yang kecil, mengubah sikap, persepsi dan pendapat pada suatu kejadian dengan berbeda. Albert Ellis, seorang psikolog dari amerika yang mengembangkan rational emotive behavior therapy (REBT), berpendapat bahwa bagaimana orang bereaksi terhadap peristiwa ditentukan didominasi oleh pandangan mereka tentang peristiwa-peristiwa, bukan dengan peristiwa itu sendiri. Sehingga peristiwa itu menjadi baik atau buruk itu tergantung pada pandangan mereka.

Kalau kamu mau memulai mengubah sikap, kamu bisa mulai dengan 7 cara berikut :

1. Sadar tentang sikap dan pemikiran

Untuk dapat mengontrol pemikiranmu setidaknya kamu harus bisa menyadarkan diri. Sadar disini artinya kamu harus dapat mengetahui kamu itu orang negatif atau positif. Coba ambil napas dalam-dalam dan bebas pikiran dari semua obrolan yang terjadi di sekelilingmu. Hal ini sangat sehat untuk berhenti sejenak dan membiarkan dunia berputar tanpamu untuk sementara waktu, tapi jangan terlalu lama karena ada orang-orang yang membutukanmu.

2. Mengubah Fokus-mu

Dalam hidup kita pasti mempunyai fokus. Pertanyaannya bagaimana fokus tersebut tidak hanya menguntungkan untuk diri kits sendiri saja, kita kadang suka lupa dan perlu diingatkan kembali. Bahwa kita tidak hidup sendiri, coba mengubah fokus dengan tidak hanya mengambil keuntungan untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain. Membantu orang lain meski tanpa bayaran dan hanya mendapatkan “terimakasih.” Ketika kita berbuat baik, dunia pun akan baik kepada kita. Kalau dunia tidak baik, mungkin itu hanya pandanganmu saja, ingat change you attitude 😉

3. Bebaskan diri dari kekhawatiran dan terima semua yang terjadi

Dalam setiap hal yang tidak pasti, sering sekali rasa khawatir muncul. Ketakutan bahwa hal buruk akan terjadi, sehingga pikiran kita dipenuhi oleh pikiran-pikiran yang negatif. Khawatir itu juga membuktikan kalau kita tidak percaya kepada proses, ataupun Tuhan yang selalu memberikan kita yang terbaik. Ketika hal buruk memang terjadi ya terima saja, bukankah akan selalu ada pembelajaran dibaliknya? Menerima semua yang terjadi, tetap melakukan yang terbaik, dan tetap perduli. ya perduli, bukan khawatir 🙂

4. Berlatih bersyukur

Sering sekali kita dengan orang bilang “yaudah bersyukur aja.” Dan itu bagus, ya karena kita sadar tentang bersyukur, tapi besoknya bisa jadi kita lupa lagi. Ada sepuluh kejadian baik dan satu kejadian buruk saat malam tiba yang di ingat hanya kejadian buruk “ih gue sial banget hari ini.” untuk berlatih bersyukur yang bisa kamu coba baca 7 hal yang dilakukan orang yang bersyukur atau yang paling simplenya adalah membuat gratitude journal atau menulis hal-hal yang bisa disyukuri setiap hari.

5. Berdamai dengan hal yang kamu tidak sukai

“what? gimana bisa? kan gue gak suka -_-” Contoh kecil yang sering sekali bisa kita lihat adalah ketika minggu malam atau senin pagi. Ya, takut hari senin, males untuk melakukan aktifitas, masih pengen libur, akhirnya bisa menemukan timline di sosmed banyak sekali keluhan tentang i hate monday

Percaya gak percaya sih, orang-orang yang membenci hari senin adalah orang yang tidak menyukai rutinitas atau pekerjaannya, sehingga setelah libur jadi malas bertemu senin kembali. Coba deh mulai berdamai dengan hal yang gak disukai, mulai melakukan hal-hal dengan sepenuh hati dan mencintai apa yang kita lakukan setiap hari.

 

Dari lima hal diatas, mana yang ingin kamu coba? ada ide-ide lain gak untuk merubah sikap agar menjadi lebih baik? kalau ada, boleh share dengan kami ya! thank you 🙂

Inspirasi : Mark and Angel

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

1 Comment

  1. Cindy -  November 6, 2015 - 10:26 pm

    Yang ke 5 ?

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *