5 Cara Mengatasi EGO

No Comment
5 Cara Mengatasi EGO

“We either make ourselves miserable, or we make ourselves strong. The amount of work is the same.” 
― Carlos Castaneda

Minggu lalu di Forum theUnlearn; mendapatkan sebuah pertanyaan tentang EGO. Ini menarik banget, banyak teman-teman kita yang akhirnya berpikir tentang ego.
Kalau kata Wikipedia, Ego adalah struktur psikis yang berhubungan dengan konsep tentang diri, diatur oleh prinsip realitas dan ditandai oleh kemampuan untuk menoleransi frustasi.
“Teman-teman, cara terbaik menurunkan ego gimana ya? – See more at: http://theunlearn.com/blog/teman-teman-cara-terbaik-menurunkan-ego-gimana-ya/#sthash.BodMtHo5.dpuf
Jadi sebenarnya ego tidak selalu negatif, semuanya tergantung bagaimana cara kita memperlakukan sesuatu. Tapi tidak sedikit diantara kita yang menilai ego itu buruk, karena jadi manusia yang selalu mementingkan dirinya sendiri atau lebih dikenal dengan kata egois.
Terus, Cara mengatasi Ego yang negatif ini bagaimana?

1. Kenali Apa Yang Memotivasimu.

whats-your-motivation-01
Apa yang membuatmu melakukan seuatu? Berorientasi pada proses yang baik atau hanya mengejar hasilnya saja? Ego akan membuat kita termotivasi tentang keinginan yang kita capai ataupun yang ingin kita dapatkan. Sedangkan jiwa kita mungkin lebih ingin mendapatkan pengalaman dan pembelajaran hidup.Ego inilah yang membuat kita sering kali takut akan kegagalan, jadi kita akan selalu melihat hasil yang capai tanpa perduli pengalaman dan pembelajaran.
Mengenali apa yang memotivasimu bisa mengatasi ego, bukan hanya tujuan tapi juga perjalanannya. Karena ketika kita mendapat kegagalan sekalipun pasti ada pembelajaran yang bisa diambil.

2. Lupakan Kebiasaan Yang Gak Bener.

Mendapat hukuman ketika salah? ya, Dari kecil sudah seperti itu, dan ini semua terbawa hingga kita dewasa. Terkadang kita suka gak sadar, walaupun bukan orang lain yang menghukum kita malah kita sendiri yang menghukum diri kita. Ego membuat kita merasa lebih hebat ketika kita menang, tapi ketika kalah ego membuat kita merasa tidak berarti. Lupakan tentang ini, Kita belajar dari pengalaman, bukan dari hukuman ketika salah atau pun pujian ketika menang.

3. Tidak Membandingkan Diri Dengan Orang lain.

 compare yourself to others
 Kalau kamu sering membandingkan dirimu dengan orang lain, sebenarnya ini adalah salah satu ego negatif yang sedang berperan. Ya biasa aja, kan orang lain beda jalannya denganmu kenapa harus membandingkan diri dengan orang lain? Kalau terus membandingkan diri dengan orang lain kamu akan semakin melihat bahwa dirimu sangat rendah dan gak berguna. Padahal belum tentu. Tapi kalau kamu bisa lebih dari orang yang kamu bandingkan kamu akan berpikir bahwa kamu lebih hebat, gak terkalahkan dan lebih segala-galanya. Gak bagus juga kan? Lalu apa? Kamu masih mau ego ini menguasaimu? yaudah, gak usah membandingkan dirimu dengan orang lain. Mulai sekarang.

4. Hentikan Omong Besarmu.

Sadar gak sadar terkadang kita suka keluar dari topik pembicaraan yang sebenarnya, lalu malah jadi membicarakan diri kita. Tentang pencapaian, prestasi, pekerjaan, jabatan dan lain sejenisnya. Sah-sah saja, namun ada ego yang berperan dimana kita malah jadi mengukur diri dengan lawan bicara kita. Merasa lawan bicara gak ada apa-apannya, dan gue yang paling keren. Duh sombongnya keluar. yaudah, BHAY~
Gak gitu juga, seperti ingin selalu diakui. Padahal kalau kamu memang keren, kamu akan tetap mengagumkan walaupun tanpa membicarakan semua prestasimu.

5. Fokus Pada Proses

focus-process
Hidup adalah sebuah proses. Seperti kata om Ralph Waldo Emerson, “Life is a journey, not a destination.”. Ketika kita mengakui bahwa hidup ini sebuah perjalanan kita akan benar-benar menyadari bahwa yang penting adalah sensasi perjalanan dan prosesnya jadi tidak melulu dengan sebuah hasil.
Ego kita tidak perduli sebuah proses. Jika kita mengikuti ego yang seperti ini kita tidak akan bisa menikmati saat ini dan petualangan-petualangan yang bisa kita dapat dalam perjalanan hidup. Mengatasi ego ini bisa membuat kita menikmati apa yang ada sekarang dan membuat fokus pada proses.

Kita jadi sama-sama belajar tentang ego, kamu belajar apa tentang ego? ada ide-ide gak buat mengatasi go yang negatif ini? share ya 🙂

 

get dapat pertanyaan ini. Dan menurut gue ini keren banget. Kenapa?
1. Biasanya pertanyaan itu selalu mencobamembuat orang lain yang berubah, seperti “Bagaimana membuat orang yang egonya tinggisadar dia memiliki ego yang tinggi?” atau”Bagaimana caranya menghadapi orang yangegonya tinggi?”Jujur pertanyaan ini bikin #jleb juga, karenague pun sering terjebak ingin mengubah oranglain dan bukan ngaca untuk menurunkan ego guesendiri.
2. Pertanyaan ini membuat gue ngaca danbertanya ke diri sendiri. Dimana ego guesekarang? Sudahkah gue mencoba memanage-nya?Apa yang gue lakukan untuk terus bisa awaredengan ego gue.
Naaah, kita sedang mera
– See more at: http://theunlearn.com/blog/teman-teman-cara-terbaik-menurunkan-ego-gimana-ya/#sthash.BodMtHo5.dpuf
Inspirasi dari : Life Hack

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *