4 Alasan Mengapa Menulis Buku Harian Membuat Hidup Kita Lebih Baik

No Comment
4 Alasan Mengapa Menulis Buku Harian Membuat Hidup Kita Lebih Baik

Buku harian atau diary bisa diartikan sebagai sebuah jurnal yang merekam semua kejadian yang ada dalam kehidupan sehari-hari jika kita menuliskannya. Menulis Buku Harian Membuat Hidup Kita Lebih Baik. Menulis diary memang kebanyakan dibuat oleh gadis remaja. Namun sebenarnya bukan hanya itu, setiap orang bisa menuliskannya dan tentu saja menulis diary dapat membantu kita meringankan stress. Selain itu, menulis diary juga merupakan cara yang efektif untuk merencanakan hal-hal yang ingin di lakukan di masa depan dan dapat menjadi media untuk mengevaluasi atas semua kejadian-kejadian baik ataupun buruk yang telah terjadi.

Kalau kamu memang tidak pernah menulis diary, mungkin ini bisa di coba. Menulis kejadian-kejadian di diary berbeda dengan mengupdate status tentang kejadian yang di alami di sosial media. Walau sama-sama bisa dilihat kembali, menulis diary membuat kita bisa berbicara ke diri kita, tanpa perlu mengharapkan dapat perhatian dari orang lain seperti di sosial media.

Berikut 4 hal yang membuat kita perlu menuliskan diary agar bisa hidup lebih baik,

1. Menulis diary membantu kita mengurangi stress.

Salah satu hal yang sangat membantu dalam menuliskan diary adalah dapat membantu kita mengurangi stress. Orang yang menulis diary setiap hari menuangkan kejadian-kejadian setiap harinya, ketika bertemu hari yang menyenangkan itu menjadi gratitude journal yang bisa memuat kita lebih bahagia, namun ketika bertemu hari yang kurang baik kita bisa menuangkan semua kekecewaan, kekhawatiran dan rasa sedih dalam buku tersebut. Dengan melampiaskan semua emosi pada buku diary hal ini mungkin saja menjadi pengurang stress dan tekanan dalam hidup.

2. Sebagai pengingat dan tempat menuliskan planning untuk masa depan.

Kalau punya mimpi, coba tuliskan mimpi-mimpi seperti karir, proyek, ataupun pengalaman pribadi serta peristiwa-peristiwa yang terjadi di buku catatanmu. tulis dan jabarkan semua hal yang ingin kamu raih di masa depan. Setiap kali membuka buku tersebut dan membacanya, ini akan menjadi pengingat.

3. Membantu dalam pengambilan keputusan.

Menuangkan pemikiran tentang kemungkinan-kemungkinan yang akan didapat ketika mengambil keputusan, ini membantu kita dalam menilai, menganalisa dan mengevaluasi suatu masalah. Kalau sudah bingung tentang pengambilan keputusan dan tidak tau harus apa, coba saja tuliskan semuanya dibuku catatanmu.

4. Membuat perspektif menjadi lebih baik.

Menggunakan buku harian adalah cara yang bagus untuk mendapatkan perspektif tentang situasi tertentu karena memberikan kemampuan untuk melacak dan isu-isu saat ini yang berhubungan dengan pemahaman hal-hal yang lebih luas.

Ada lagi gak hal-hal lain yang membauat kamu terus menulis di bukumu dan membuat jadi lebih baik? kalau ada, share di komentar ya! thank you 😉

Source : Soul Hiker

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *