15 Hal yang Tidak Dilakukan oleh Orang-Orang yang Percaya Diri

1 Comment
15 Hal yang Tidak Dilakukan oleh Orang-Orang yang Percaya Diri

 

Kalau ngomongin Percaya Diri (PD)…
Ada orang-orang yang memang PD.
Ada orang-orang yang kelihatannya PD.
Ada orang-orang yang sok PD.
Ada juga yang masih belajar untuk semakin PD.

Terkadang kita menggunakan alasan “Gue kan gak PD” atau “Gue kan pemalu” untuk menghindari beberapa hal. So, yes, we know elo itu gak PD dan mungkin pemalu dan mungkin introvert dan mungkin kurang pengalaman. Banyak sih alasannya.

Pertanyaanya: Apa yang bisa elo lakukan hari ini agar bisa semakin PD?
percaya diri 2

Mungkin, selama ini kita menjadikan itu alasan, agar kita bisa mudah lari dari tanggung jawab, hidup ataupun kenyataan. Karena memang itu semua lebih mudah dari menghadapi hidup.

Kalau gue ditanya apakah gue termasuk orang yang PD, jawabannya: kadang-kadang. Karena toh, gue gak bisa PD untuk SEMUA hal. Tetapi, setiap hari gue bisa melatih otot percaya diri gue.

Kenapa penting untuk melatih PD? Well, kalau kita sendiri tidak mengapresiasi diri kita sendiri, bagaimana orang lain bisa mengapresiasi kita?

Kalau ada 15 hal yang TIDAK DILAKUKAN oleh orang-orang yang PD, apakah hal tersebut?

1. Orang PD tidak banyak alasan.

Mereka bertanggung jawab atas pemikiran dan perilakunya. Mereka tidak menyalahkan orang lain ataupun kemacetan ketika terlambat; memang terlambat saja. Dan kemudian berusaha untuk mengganti kesalahan itu. Mereka tidak menggunakan alasan seperti, “Gue gak punya waktu” atau “Gue gak cukup baik”, “Gue kan gak PD”, etc. Mereka meluangkan waktu dan terus meningkatkan dirinya sampai MERASA dirinya cukup baik.

2. Orang PD tidak lari dari hal yang menakutkan.

Mereka tidak membiarkan rasa takut mendominasi hidupnya. Mereka tahu bahwa biasanya hal-hal yang mereka takuti itu adalah hal yang memang seharusnya mereka hadapi agar menjadi orang yang mereka inginkan.

3. Orang PD tidak hidup dalam kenyamanan.

Mereka malah menghindari comfort zone, karena mereka paham bahwa ini adalah tempat dimana impian menjadi hangus. Mereka aktif mencari hal-hal yang membuat mereka merasa sedikit tidak nyaman, karena mereka tahu bahwa men-stretch diri itu sebuah keharusan untuk mencapai sukses.

4. Orang PD tidak menunda sampai minggu depan.

Mereka paham bahwa rencana yang biasa saja yang dieksekusikan hari ini itu jauh lebih baik dari rencana yang keren banget untuk dieksekusikan “suatu hari”. Mereka tidak menunggu untuk “waktu yang tepat” atau “situasi yang mendukung” karena mereka tahu ini hanya reaksi akan ketakutan atas perubahan. Mereka mengambil tindakan saat ini juga, sekarang, hari ini — dan itu sebabnya progress terjadi.

5. Orang PD tidak obses terhadap opini orang lain.

Mereka tidak terjebak dalam input negatif. Walaupun mereka peduli terhadap orang lain dan ingin membawa perbedaan yang positif dalam hidup, mereka tidak membiarkan dirinya terpuruk berlarut-larut ketika mendapatkan pendapat negatif yang mereka tidak bisa melakukan apapun.

6. Orang PD tidak menghakimi orang lain.

Mereka tidak memiliki toleransi terhadap drama yang gak penting. Mereka merasa tidak perlu untuk menjelekkan teman dibelakangnya, menggosipkan teman kerja atau malah berantem dengan orang-orang yang memiliki pendapat yang berbeda. Mereka NYAMAN dengan diri sendiri sehingga tidak perlu merendahkan orang lain.

7. Orang PD tidak membiarkan kekurangan resources menghentikan mereka.

Mereka memastikan apapun resource yang mereka miliki, besar atau kecil, bisa berguna. Mereka tahu bahwa semua hal itu bisa mungkin dengan kreatifitas. Mereka tidak mudah menyerah. Mereka tidak langsung patah hati ketika ada halangan, tetapi langsung fokus mencari solusi.

8. Orang PD tidak membanding-bandingkan.

Mereka tahu mereka tidak berkompetisi dengan orang lain. Mereka hanya berkompetisi dengan diri-nya yang kemarin. Mereka tahu bahwa setiap orang memiliki cerita yang unik, sehingga membandingkan itu menjadi sangat aneh dan jahat.

9. Orang PD tidak menemukan kebahagiaan untuk menyenangkan SEMUA orang.

Karena memang tidak bisa. Mereka sadar bahwa tidak semua orang bisa get along. Mereka lebih fokus kepada kualitas dari hubungan yang mereka miliki, bukan kuantitas.

10. Orang PD tidak perlu diyakinkan terus menerus.

Tangan mereka tidak selalu butuh digandeng. Mereka tahu bahwa hidup bisa tidak adil dan tidak akan selalu memberikan apa yang mereka inginkan. Walaupun mereka tidak bisa mengkontrol semua yang terjadi dalam dhiup, mereka fokus ke bagaimana mereka bisa merespon dengan positif.

11. Orang PD tidak lari dari kenyataan.

Mereka akan menghadapi masalah sebelum penyakitnya menyebar kemana-mana. Karena mereka paham, ketika suatu masalah tidak diselesaikan, masalah itu bisa bertambah besar dengan berjalannya waktu. Lebih baik mengalami percakapan yang kurang menyenangkan dibandingkan menyembunyikan sesuatu yang bisa menghancurkan kepercayaan.

12. Orang PD tidak berhenti hanya karena rintangan kecil.

Mereka berdiri kembali setelah jatuh. Mereka tahu bahwa kegagalan itu bagian dari proses tumbuh dan berkembang. Mereka berperilaku seperti detektif, mencari alasan atas kegagalan tersebut dan mencoba kembali — dengan lebih baik.

13. Orang PD tidak membutuhkan ijin orang lain untuk melakukan sesuatu.

Mereka mengambil tindakan tanpa ragu. Mereka mengingatkan diri mereka sendiri, “Jika bukan saya, siapa?”

14. Orang PD tidak membatasi diri.

Mereka tidak membatasi diri hanya dengan Rencana A. Mereka akan mencoba menggunakan semua ‘senjata’ yang mereka miliki, selalu mencari cara paling efektif, sampai menemukan strategi yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan budget dan waktu yang sedikit.

15. Orang PD tidak langsung percaya tanpa mikir.

Mereka tidak langsung terima hal-hal yang mereka baca di Internet, terlepas dari siapa yang mengatakannya. Mereka melihat setiap artikel dari perspektifnya yang unik – menambahkan pemikiriannya yang unik juga.

Terlepas dari artikel seperti ini menarik untuk menjadi latihan mental, orang-orang PD tahu bahwa mereka adalah satu-satunya orang yang memiliki power untuk menentukan apa arti “Percaya Diri.”

Well, menurut kamu… apa arti Percaya Diri?
Dan kalau kamu belum merasa PD, apa yang bisa kamu lakukan HARI INI? 🙂

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

1 Comment

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *