10 Pertanyaan Seputar Sukses

No Comment

 

“Kalau kamu ditanyakan, menurut kamu, apakah saat ini kamu sudah mencapai sukses, apa jawabanmu?”
“Belum.”
“Apa hal yang ketika kamu ditanya pertanyaan yang sama, jawaban kamu adalah sudah?”
“Ketika gue punya rumah sendiri. Itu ukuran untuk gue memiliki rasa security yang membuat gue merasa sukses.”

Ini percakapan yang gue alami dengen salah satu temen gue. Dan jujur bikin mikir. Karena kalau gue yang menanyakan pertanyaan ini ke diri gue sendiri, apa jawaban gue? Bisa saja gue bilang “Sebenernya gue bisa sih gue sekarang sudah sukses, karena toh kerjaan bagus, penghasilan bagus, achievement ada.” Tetapi, kalau kata kuncinya adalah RASA, apa yang membuat gue me-RASA sukses? Dan jujur ke diri sendiri, bukan mencari jawaban yang bagus ataupun ideal. Dan rasa ini berbeda untuk masing-masing orang, dan bisa berubah dengan berjalannya waktu ataupun usia.

“Ketika kamu lulus kuliah, patokanmu sukses itu apa?”
“Bahwa dalam 5 tahun punya gaji besaaaaarrrr banget dan gue inget mau janjian gede-gedean gaji.”

Yup. Gue pun ketika lulus kuliah jaman duluuuuuuu punya pemikiran yang sama, bahwa ukuran sukses adalah uang, jabatan, punya sesuatu. Lucu ya, di usia 21 tahun masih punya definisi sukses yang masih sangat “mainstream” — hasil adopsi pemikiran orang lain. Dan semakin ke sini semakin mikir, “Apa sebenarnya definisi sukses untuk gue? Apa yang bisa benar-benar membuat gue merasa sukses?” Dan jujur, jawabannya tidak langsung didapatkan. But as we know, it is not about getting the right answer, but asking the right question.

Bisakah kita terus bertanya ke diri kita untuk semakin mendekatkan diri kita ke sukses? Pertanyaan apa yang bisa mendekatkan kita ke sukses?

pertanyaan seputar suksesIni adalah 10 pertanyaan yang bisa membuat kita semakin menajamkan definisi sukses untuk diri kita sendiri. Yang bisa membuat jawabannya semakin jelas.

1. Apa hal #1 yang kamu benar-benar ingin CAPAI dalam waktu 5 tahun?
Gak heran ini pertanyaan yang orang selalu tanyakan dalam sebuah interview. Dan sering kali kita hanya menganggapnya ‘hanya’ sebuah pertanyaan interview, padahal kalau kita balik, dalam 5 tahun, kamu akan paling menyesal kalau belum mencapai apa? Dan cuma 1. Bukan 2, bukan 3. To dig into our deepest desire.

2. Kalau kamu bisa belajar apapun, kamu ingin belajar apa?
… tambahkan satu lagi: Kenapa? Karena sukses bukan hanya sekedar mencapai sesuatu, tetapi juga meningkatkan kualitas diri.

3. Kalau kita belajar dari kesalahan kita, mengapa kita sangat takut untuk membuat kesalahan?
Very good question! Apa yang membuat kita takut untuk membuat kesalahan?

4. Apa hal yang akan terus kamu lakukan sampai di hari kamu dipanggil YME?
Ini seperti pertanyaan passion. Terlepas adanya angin, hujan, matahari, badai… apa yang akan terus kamu lakukan dengan penuh semangat?

5. Apa hal yang dulu membuatmu TAKUT tetapi sekarang tidak lagi?
Karena sukses juga tentang menghadapi rasa takut.

6. Apa NASEHAT TERBAIK yang pernah kamu dapatkan?
Kalau gue, nasehat itu adalah “When you step into the unknown, you create space for miracles to happen.” Suka banget sama ini, karena mengingatkan gue bahwa setiap gue takut karena ada ketidakpastian, sebenarnya di situlah keajaiban bisa terjadi. And it’s true!!!!!

7. Kalau saya berkata ke kamu, “Ayo lakukan aja!” Apakah hal tersebut?
Kalau kamu tidak punya rasa takut, apa 1 hal yang benar-benar akan kamu lakukan?

8. Ketakutan akan apa yang menghambat kamu dari melakukan sesuatu?
Gue saja baru sadar tahun lalu bahwa ternyata gue bukan takut gagal, tetapi takut sukes. What? Bisa takut sukses? Yes, gue baru belajar juga tuh. Jadi tahun ini, ketakutan itu yang gue coba untuk terus hadapi.

9. Apa kesalahan yang terus menerus kamu lakukan?
This is hard. Karena antara sadar dan tidak sadar. Seringkali kita tidak menyadari kesalahan yang kita lakukan, tetapi yang lebih mudah disadari adalah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, yang sama, berkali-kali.

10. Apa hal yang harus kamu korbankan untuk bisa terus maju?
Loe kira sukses tidak ada harganya? 10,000 jam kalau kata Malcolm Gladwell untuk bisa menjadi expert. Gak berarti kita lalu menjerumuskan diri kita sendiri. Tetapi sering kali kita juga harus belajar lebih nyaman untuk berani berbeda pendapat dari orang tua misalnya. Kerja di waktu weekend. Mengeluarkan uang sendiri untuk belajar hal-hal baru. Waktu sosialisasi dengan teman-teman.

Well, itu contoh 10 pertanyaannya. Ada lagi pertanyaan yang bisa membantu kita lebih fokus ke sukses?

I personally love this one, yang gue tanyakan ke diri gue setiap hari: “Kalau ada satu hal yang bisa kamu lakukan hari ini agar kamu 1 langkah lebih dekat ke mimpimu, apakah itu?

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *