10 Hal Yang Bisa Membuat Tahun Ini Tahun Terbaikmu

No Comment
10 Hal Yang Bisa Membuat Tahun Ini Tahun Terbaikmu

Setiap kali tahun berganti, banyak orang yang sibuk menetapkan resolusi tahun barunya. Sayangnya, memiliki resolusi saja tidak cukup, karena hanya bisa menjadi sekedar angan-angan belaka. Apa hal-hal lain yang bisa menjadikan tahun ini tahun terbaik kita?

Berikut adalah 10 hal yang bisa membuat tahun ini tahun terbaikmu. Ini tidak berarti cuma ada 10. Malah, kami ingin mendengar dari teman-teman semua ide apa lagi yang bisa membuat tahun ini tahun terbaik kita bersama? Menjalankan sepuluh-sepuluhnya pun ambisius, dari 10 ini yang mana yang paling mengena untuk kamu? Share dengan kita di bagian komen ya 🙂

1. Fokus ke 1-3 hal yang ingin kamu capai

Capai artinya hal ini bisa kamu raih, dan dalam kontrol diri, asal kamu meluangkan waktu dan tenaga untuk mencapainya. Ini tidak termasuk menang lotere.

Kenapa ini penting? Hidup tanpa impian itu seperti makanan tanpa garam. Hambar dan tidak menggugah selera. Agar hidup terasa hidup kita membutuhkan sesuatu yang kita nanti-nanti (Something to look forward to).

Kenapa 1-3? Supaya ga terlalu banyak. Kalau BM (Banyak Maunya) nanti malah ga ada yang kesampaian. Kalau baru punya 1 juga tidak apa-apa. Yang penting di sini adalah kamu meluangkan waktu untuk meraih mimpimu.

Lalu, luangkan waktu setiap hari (walau hanya 15 menit) untuk melangkah lebih dekat ke mimpi ini.

Kalau 3 hal ini telah kamu capai, silahkan set lagi lainnya.

2. Kuatkan resolusi dengan ritual.

Kuatkan “ingin menjadi lebih sehat” dengan “ritual atau kebiasaan apa yang bisa gue lakukan untuk menjadi lebih sehat?” Contoh, kamu bisa mempunyai ritual baru seperti minum 1 liter air putih setiap pagi. Mulai dari situ.

Ingin lebih mindful? Buat ritual setiap kali kamu minum atau makan, rasakan benar-benar rasa minuman dan makananmu.

Cari ritual yang paling mudah supaya kamu tidak terbebankan.

3. Mulai harimu dengan niat.

Ada perbedaan memulai hari dengan doa dan dengan niat. Memulai dengan doa itu meminta/mengharapkan sesuatu. Gak salah, perkuat dengan niat. Bedanya, kalau memulai dengan niat itu seperti menyetel pola pikir kita sendiri dan menyelaraskannya dengan hari yang kita hadapi.

Contohnya, “Hari ini saya niat untuk menjadi sangat produktif.” Atau “Hari ini saya niat untuk mengamati hal-hal baik yang terjadi di hidup saya.”

4. Akhiri harimu dengan syukur.

Cliche memang. Walaupun sudah dibuktikan oleh science bahwa bersyukur itu membuat kita lebih bahagia dan tentram, kita pun tetap masih belum menjadikannya kebiasaan.

Cukup tanyakan ke diri sendiri, “Apa 3 hal baik yang terjadi hari ini?” Lalu dijawab ke diri sendiri. Ungkapkan dalam doa juga bisa. Perhatikan rasa yang kamu alami ketika mengucap syukur ini.

Kalau perlu, catat di kalender, jurnal ataupun social media semua hal-hal indah yang terjadi dalam hidupmu setiap hari. Coba saja untuk 30 hari dan lihat perbedaannya.

5. Beri lebih.

Kita akan mendapatkan sama atau lebih dari yang kita berikan. Jadi, kalau kita banyak maunya, mungkin saatnya kita memberi lebih. Dan memberi itu kan ga perlu dengan uang. Bisa dengan memberi senyum, dukungan, apresiasi, pelukan, waktu, tenaga, volunteer, fokus, kebaikan dan semua hal-hal positif.

Coba deh perhatikan, di satu hari ini, selain memberikan ‘hati’ atau ‘like’ di social media, apa lagi yang bisa/telah kamu berikan lebih?

6. Bertemu dengan orang-orang baru.

Kesempatan itu datangnya dari orang lain. Jadi, kalau kamu lebih ‘malas’ berteman dan bertemu orang-orang baru, ya susahlah mendapatkan kesempatan-kesempatan baru.

Kita tidak pernah tahu siapa orang yang bisa mengubah hidup kita. Dan sebaliknya.

7. Katakan “Ya” kepada hal-hal baru atau yang agak menakutkan.

Biasanya, ketika sesuatu hal itu menakutkan buat kita, itu malah hal yang sebaiknya kita lakukan. Kenapa? Karena itu adalah kesempatan untuk kita tumbuh dan ‘naik kelas’ dalam hidup. Kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Sayangnya, kebanyakan ingin menjadi yang lebih baik, tetapi tidak mau merasa tidak nyaman.

So, kalau kamu tidak pernah nyaman makan sendirian, coba deh. Kalau kamu tidak pernah nyaman ngobrol sama orang yang belum kamu kenal, coba deh. Ini sama dengan kamu mengatakan “Ya” pada hidup. Ini usaha kamu untuk terus meluaskan comfort zone kamu.

Karena, untuk mendapatkan hal-hal baru dalam hidup, kita perlu melakukan hal-hal baru.

8. Asah sebuah ketrampilan.

Pilih 1 saja. Kalau ada 1 area, talenta atau ketrampilan yang kamu bisa asah tahun ini, apakah itu? Menyanyi agar kamu lebih percaya diri ikutan choir, presentasi agar ga malu-maluin di depan klien, lari supaya bisa ikutan marathon?

Ujung-ujungnya, kamu akan lebih bermanfaat dan menarik untuk orang lain kalau memiliki ketrampilan yang baik. Dan, proses dalam menguasai sebuah ketrampilan itu akan meningkatkan kepercayaan diri kita.

Jadi, untuk kamu-kamu yang kurang percaya diri, mungkin bisa mulai dari sini.

9. STOP mengeluh dan mengasihani diri sendiri.

Ini termasuk meratapi nasib, menjelek-jelekkan situasi dan orang lain, nyinyir, kebanyakan mengkritik, galau kelamaan, juga termasuk menanyakan “kenapa ini selalu terjadi ke diri gue ya?”, “kenapa hal-hal yang tidak adil selalu terjadi ke gue?”, “kenapa kok susah banget untuk gue….?”

Perhatikan hidupmu. Kalau kamu merasa hidupmu banyak dikelilingi hal-hal atau orang-orang yang negatif, mungkin pikiranmu dipenuhi oleh hal-hal yang negatif. Atau mungkin kamu yang negatif. Karena duniamu adalah cermin dari diri kamu sendiri.

Ganti pikiran-pikiran negatif ini dengan impian, niat dan syukur.

10. Tanyakan ke diri sendiri: apa yang bisa gue ubah dari diri gue sendiri?

Kita selalu ingin situasi dan nasib kita berubah. Kita ingin orang-orang di sekitar kita berubah. Tetapi jarang ingin untuk mengubah diri kita sendiri.

Kalau realita kita itu cermin dari diri kita sendiri, bukankah mestinya kita yang berubah agar realita kita berubah?

Jadi, coba tanya ke teman-teman atau saudara-saudara kamu, karakter kamu yang mana yang paling mengganggu bagi mereka. Bagaimana kamu bisa mengubah dirimu agar realitamu bisa menjadi lebih baik?

Ada ide lain yang bisa menjadikan tahun ini tahun terbaik kamu?

About the author

Kami di theUnlearn.com berkomitmen untuk membawakan hal-hal yang inspiratif, joyful, bermanfaat agar kita bisa fully live our lives, be the person that we want to be.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *